Tanya Dokter

  • Nyeri perut sebelah kanan setiap selesai haid

  •  Nieta mumu
    Anggota

    Dok, saya mau tanya.. saya wanita umur 29 tahun.. saya mau tanya, kenapa ya dok setiap selesai haid 3 hari perut sebelah kanan saya terasa sakit.. saya sudah 2 kali USG tapi tidak ada nya kista atau miom.. kira kira apa yang harus saya lakukan dok? Ada kendala apa yang membuat perut saya sakit? Makasih dok sebelum nya..

    Hai Nieta,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Nyeri perut di sekitar waktu menstruasi bisa merupakan hal yang wajar, namun bisa juga berbahaya. Apabila tidak ditemukan kelainan yang berarti seperti mioma atau kista ovarium pada pemeriksaan USG, maka nyeri Anda mungkin merupakan hal yang wajar, yakni terjadi akibat kontraksi otot rahim yang bertujuan untuk meluruhkan dinding rahim agar keluar sebagai darah menstruasi. Pada prosesnya, kontraksi otot ini bisa berlangsung sangat hebat hingga menghimpit pembuluh darah yang seharusnya mensuplai sel rahim dengan oksigen. Akibatnya, sel-sel rahim akan mengalami kekurangan oksigen dan muncullah rasa nyeri karena diproduksinya mediator kimiawi, seperti prostaglandin, secara berlebihan.

    Selain itu, mungkin juga nyeri di perut bawah sebelah kanan sekitar waktu menstruasi Anda dipicu oleh penyebab lain, contohnya:

    • Endometriosis (pertumbuhan abnormal jaringan dinding rahim di luar rahim, misalnya di serviks, vagina, tuba falopii, ovarium, atau bahkan rongga panggul)
    • Radang panggul (radang rahim, tuba falopii, hingga ovarium)
    • Gangguan pada organ lain (selain organ reproduksi, contohnya infeksi ginjal, batu ginjal, nyeri otot, konstipasi, hernia, dispepsia, dan sebagainya)

    Perlu diperjelas, seberapa hebatkah nyeri perut tersebut terasa? Apakah ada keluhan lain yang Anda alami, misalnya demam, muntah, gangguan buang air, gangguan menstruasi, atau juga hambatan kesuburan? Kapan terakhir kali Anda melakukan USG? 

    Apabila nyeri yang muncul teramat hebat, sebaiknya Anda mencari second opinion dengan memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis kandungan ya.. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG ulang atau tes penunjang lainnya untuk mendeteksi kemungkinan penyakit yang berbahaya. Bisa juga, Anda akan dirujuk ke dokter spesialis yang tepat guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

    Sementara waktu, Anda bisa minimalisasi kekambuhan nyeri dengan berolahraga, membatasi aktifitas yang terlalu berat, perbanyak minum air hangat, dan makan dengan teratur. Bila nyeri datang, baringkan diri Anda di alas yang nyaman sambil meninggikan kaki Anda dan mengompres perut yang nyeri menggunakan air hangat. Tenangkan juga pikiran Anda dan jauhi tekanan psikis yang berlebihan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah