Tanya Dokter

  • Hasil tes HIV negatif, setelah 4 tahun lalu melakukan hubungan beresiko

  •  Faried Martin
    Anggota
    Dok.saya mau tanya ,4thn yg lalu tepatnya tahun 2014 saya pernah melakukan hubungan sex yg beresiko hiv. tapi setelah berhubungan sex lebih dari 4.thn kemarin Saya baru Tes hiv tgl 25 maret 2018 dan hasilnya negatif..Apakah hasil tes bersebut sudah bisa membuktikan bahwa saya tidak terinveksi virus Hiv....Trim.s

    Hallo Sdr. Faried

    HIV merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, tetapi hanya mencegah perburukan gejala untuk meningkatkan taraf kehidupan penderita. HIV merupakan virus yang menyerang sistem imun dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Apabila seseorang terinfeksi virus HIV maka terdapat 4 tahapan, yaitu: (1) tahap serokonversi dimana virus sudah masuk ke tubuh, dan tubuh sudah memproduksi antibodi HIV, (2) tahap kedua tahap ketika tidak ada gejala yang timbul selama bertahun-tahun, akan tetapi daya tahan tubuh akan semakin menurun, (3) tahap ketiga atau tahap akhir dimana sistem kekebalan tubuh sangat menurun dan banyak infeksi yang dapat terjadi, tahapan ini sangat serius dan dapat menyebabkan kematian. 

    Apabila Anda pernah berhubungan seksual yang berisiko atau melakukan hal lain yang berisiko tertular HIV Anda dapat  melakukan test HIV. Tes yang paling sering adalah tes darah untuk mengetahui adanya antibody HIV pada tubuh. Terdapat suatu kondisi yang disebut dengan Window period, yang merupakan kondisi hasil pemeriksaa masih dapat negative padahal telah melakukan tindakan berisiko. Window period ini terjadi 3 minggu sampai 3 bulan setelah paparan berisiko. Apabila setelah ini dikatakan negative, maka kemungkinan besar tidak menderita HIV. Terlebih lagi pada kasus Anda, telah terjadi 4 tahun yang lalu.  Hindarilah tindakan-tindakan berisiko penularan HIV AIDS. Hindari hubungan seks bebas, pemakaian jarum suntik secara bersamaan dan terkontaminasi. 

    Semoga bermanfaat, terimakasih