Tanya Dokter

  • Pertanyaan seputar penyakit sifilis

  •  Udinn
    Anggota

    Dok, dri penjelasan mengenai sifilis, sya ingin bertanya bbrpa hal yg blm sepenuhnya jelas bg saya. 1. Jika kita melakukan oral, otomatis bakteri masuk melalui mulut, penis yg tdk bersentuhan apakah juga menimbulkan luka? 2. Jika saya adalah pada tahap dini atau sekunder, lalu sudah melaksanakan injeksi penisilin.., namun, setahun brlalu sya msh terdapat bakteri. Apakah saya perlu suntik ulang? Sya membaca salah satu postingan bahwa kita harus tes lagi dibulan ke 6 dan 12, apakah memang dianjurkan? 3. Dari kedua tes darah dan sampel luka., mana yg akan lebih menunjukan reaksi positif saat penderita masih dlam tahap primer atau skunder? Untuk tes luka apakah bisa dilakukan di laborat?atau dilakukan oleh dokter??

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Dan untuk tes luka perlu berapa lama untuk mengetahui hasilnya???

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Jika seumpa hasil luka positif apakah dapt dilakukan injeksi penisilin??

    Hai Udin, Saya akan menjawab pertanyaan anda satu persatu. 1. Sudah dijelaskan di artikel yang anda tanya sebelumnya bahwa kuman sifilis dapat diakibatkan oleh hubungan seksual baik oral maupun anal. Jadi walaupun hubungan seksual yang anda lakukan hanyalah anal tetap dapat menularkan sifilis 2. Jika anda sudah melakukan injeksi penisilin dan kemudian setahun setelah anda melakukan suntik masih positif sifilis, anda tidak memerlukan injeksi penisilin lagi karena ada yang dinamakan tahap laten dimana orang yang memiliki infeksi sifilis namun tidak ada gejala sama sekali. 1-2 tahun pada masa laten seseorang masi dapat menularkan infeksi sifilis namun setelah lebih dari 2 tahun penularan akan sangat keil kemungkinannya untuk terjadi 3. Untuk tes yang anda lakukan tes darah dan tes luka memiliki kesensitifan yang sama. Keduanya harus dilakukan di laboratorium, Namun tes luka dapat dilakukan jika memang ada luka dan akan lebih baik jika ada nanah di luka tersebut. Untuk lama nay hasil yang keluar tergantung dari laboratorium yang anda kunjungi karena akan berbeda-beda di setiap laboratorium. 4. Untuk akan dilakukannya injeksi penisilin atau tidak itu tergantung dokter yang memeriksa anda. Karena injeksi yang dilakukan akan tergantung pada tingkat keparahan infeksi yang anda alami. Sebaiknya anda mengunjungi dokter agar dapat dilihat lebih jelas semua keluhan yang anda alami dan dapat dilakukan pemeriksaan untuk anda. Dengan begitu pengobatan yang dilakukan pun akan sesuai. Sebaiknya anda tidak melakukan pengobatan sendiri karena jika salah dapat berakibat fatal. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Sifilis Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Maaf dok, utk pertnayaan sy yg pertama.. apakah luka hnya trdpat pada daerah msuknya bakteri atau bisa muncul ditempat lain, pada tahao primer dan skunder... Lalu, jika msuk tahap laten.. tentu bisa masuk tahap tersier dong dok??

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Mohon penjelasanya dok..terima kasih