Tanya Dokter

  • Sifilis sekunder

  •  Udinn
    Anggota

    Dok, sya tlah berulang kali membaca pembahasan ttg sifilis, baik dr tulisan maupun pertanyaan. Sya ingin sedikit curhat, sya mengalami krg lebih mengalami gejala gejala yg tlah disebutkan. beberapa hari terkahir kondisi psikologis sya sedit terguncang, apakah kondisi mental seperti ini dpat memperburuk keadaan??bisakah mempercepat tahapan sifilis? Jujur, stelah sya mebaca ttg sifilis..sya sedikit paranoid dg keadaan tubuh sya.. sya ingin segera konsuktasi namun, belum ada dokter yg tersedia. Hal ini membuat kondisi mental sya tdk stabil.

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Jika dilihat dri gejalanya, sya termasuk tahap primer akhir yg masuk tahap sekunder awal. Sya aka bercerita ttg kondisi fisik saya, 1. Dibatang penis saya ada luka lecet, tidak bernanah tidak berdarah tidak gatal. Merah,terlihat seperti luka baru. ukuranya tidak lebih dri 3cm. 2.saya merasakan lelah, namun lelah yg ada sebabnya. 3. Saya sariawan, tapi karena tergigit. 4.tengorokan sya saki bbrpa hari ini, diakarenakan kepikiran.ada luka seperti sariawan diamandel. 5.nafsu makan juga berkurang setelah membaca artikel. Sya tau lebih baik bertnya pada dokter secara langsung, sperti yg saya utarakan.. belum ada dokter yg tersedia dan labolatorium juga blm buka.. Klo menurut dokter, apakah sya lebih baik ke dokter igd untuk mempertanyakan kondisi sya yg skrg ini? Ngomong2, Terima kasih untuk adanya portal ini. Sunguh membantu yg tdk mengetahui pengetahun ttg kesehatan.

    Halo,   Sifilis merupakan penyakit yang disebabkan akibat kuman. Kondisi psikis bisa saja memperburruk gejala yang ada namun tidak bisa mempercepat terjadinya tahapan sifilis. Lagipula sebaiknya pengobatan sifilis dilakukan sebelum sifilis mencapai tahap yang lebih parah (laten / tersier) agar pengobatan lebih mudah dan murah. Anda tidak perlu khawatir berlebih, jika sangat membuat Anda gelisah Anda bisa melakukan pemeriksan ke dr IGD untuk memberikan Anda rujukan pemeriksaan laboratorium yang perlu sehingga pengobatan bisa dilakukan segera dan mengurangi kekhawatiran Anda. Membaca keluhan Anda maka bisa saja Anda mengalami sifilis, namun luka lecet bisa juga disebabkan oleh penyakit lain seperti :

    1. herpes genital.
    2. Chancroid
    3. dll
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Terima kasih untuk jawabanya dok. :) Sya telah membaca bbrapa literatur ttg pnyakit ini, dan kemungkinan sembuhnya. Sya ingin bertanya lg. 1. Apakah tingkatan vldr dan tpha ada hubunganya dengan tahapan sifilis. Atau hanya berhubungan jumlah baktri saja?Apakah mungkin pada tahapan primer bisa mencapai vldr >1:64 dan tpha >1:80 ? 2.saya membaca bahwa ada batasan pada tingakatan keaktifan kuman dilihat vlrd dan tpha, tpha < 1:4 dan vlrd <1:32 menandakan bahwa kuman tidak aktif lg?apakah benar? 3.pada penjelasan ttg sifilis.dijelaskan bahwa penyakit ini tdk bisa menular melalui media lain slain hub. Seksual., namun, pada tahap primer dan sekunder yg snagat mudah menular Apakah munhkin penyakit ini dpat menuluran melalu cairan yg menempel via pakaian? Mohon penjelasanya.

    Udinn  Udinn
    Anggota

    Oh ya, dari contoh penyakit yg dokter brikan tdk ad yg mndekati sifilis.. :( Mngkin ada penyakit lain yg memiliki ciri yg sama dg sifilis?