Tanya Dokter

  • Apakah sindrom iritasi usus berbahaya?

  • Malam dok,saya ingin bertanya,kenapa ya perut bagian atas saya suka tiba-tiba sakit yg sangat melilit, apalagi ketika saya sedang BAB, disertai mual pusing dan demam, akhir akhir ini pun saya banyak mengeluarkan keputihan tidak seperti biasanya, jantung saya pun tiba-tiba berdetak sangat kencang tetapi hanya sekali dua kali setelah itu berdetak seperti biasanya lagi.dan setelah saya searching ke google ternyata saya menemukan kecocokan setelah saya membaca ciri-ciri penyakit sindrom iritasi usus, gejalanya sangat mirip seperti yang sama alami, dan untuk lebih lanjutnya saya belum pergi ke klinik untuk menanyakan rasa yang saya alami. apakah ini benar ciri ciri sindrom iritasi usus?dan apakah sindrom iritasi usus itu sangat berbahaya?? Terimakasih, mohon di jawabūüėä

    Hallo Desi

    Sindroma iritasi usus (irritable bowel syndrome) adalah suatu kondisi dimana akan terjadi keluhan masalah pencernaan dalam jangka waktu lama dan sering kumat berulang kali, IBS sendiri bisa dipengaruhi oleh tekanan batin/stres, mengkonsumsi makanan pencetus iritasi (asam, pedas, makanan instant, dsb) serta perubahan kadar hormon didalam tubuh.

    Namun mencocokan gejala saja belum bisa untuk memastikan kondisi medis yang terjadi pada diri Anda. Perlu juga dilakukan pemeriksaan fisik Anda, tanya jawab/wawancara mengenai prilaku sehari-hari (makanan yang dikonsumsi, riwayat pengobatan, riwayat penyakit, dsb), bahkan beberapa pemeriksaan seperti test darah, pemeriksaan tinja, hingga pencitraan (rontgen, usg, CT-scan, dsb) mungkin saja perlu untuk dilakukan apabila informasi yang didapatkan masing belum secara spesifik mengarah pada kondisi IBS tersebut.

    Beberapa hal lainnya yang juga mempunyai keluhan seperti Anda alami adalah, sakit maag, tukak lambung, nyeri haid (dysmenorrhea), diare, sembelit sebagai penyebab sakit perut. Kemudian pusing dan demam pertimbangannya bisa karena ada infeksi saluran pencernaan seperti pada kondisi diare atau karena ada infeksi lain seperti batuk-pilek, radang tenggorokan, dsb. Sedangkan jantung yang berdetak tidak seperti biasanya kemungkinannya adalah dehidrasi (terutama jika sulit minum air dan banyak buang air besar ataupun kecil), demam tinggi, tekanan batin, cemas, dsb.

    Karena itulah disarankan agar Desi memeriksakan diri dahulu kedokter mengingat banyaknya kemungkinan atas kondisi yang dialami. Adapun beberapa saran yang bisa dilakukan oleh Desi adalah. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah serta air putih, menghindari konsumsi kafein (kopi, teh, coklat), produk makanan yang berasal dari gandum dan tepung (mengandung gluten). Pastikan juga agar Desi dapat mengelola stres dengan baik yaa

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold