Tanya Dokter

  • Perawatan kulit untuk ibu hamil

  •  Adinda Dara
    Anggota

    Selamat Pagi Dok,

    saya mau tanya, sebelmnya saya menggunakan MD Glowing skin clinic untuk perawatan wajah saya speerti sunblok, krim malam, dan serumnya. saya sedang hamil dan sy memberhentikan krim dokter, saya browsing produk lush, bodyshop dan laneige yang sy punya di rumah di klaim aman untuk bumil. bagaimana saran dokter, makasih

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Perkara masalah perawatan kulit bagi ibu hamil memang selama ini sering menuai perbincangan lantaran potensinya untuk berpengaruh terhadap kehamilan. Tidak spesifik pada produk yang Anda sampaikan, kami akan membicarakan secara keseluruhan.

    Dari sekian banyak kandungan kosmetik, ada sebagian komposisi produk tersebut yang dilarang untuk digunakan seperti yang mengandung asam salisilat, tetrasiklin, retinoid, pewarna kuku yang mengandung phthalates, oksibenzon, ammonia dan lain sebagainya karena bisa menimbulkan kelianan pada janin. Anda bisa membacanya lebih lanjut di sini

    Sehingga sebenarnya bila produk yang Anda sebutkan tidak memiliki kandungan yang kami sebutkan atau yang ada dalam artikel tersebut, Anda bisa merasa aman dalam menggunakannya meskipun Anda sedang hamil.

    Sebagai tambahan wawasan bagi Anda, beberapa sumber menyatakan bahwa penggunaan kosmetik dan bahayanya bagi ibu hamil itu relatif. Relatif disini adalah karena sebagian ahli menilai kandungan yang berbahaya itu tidak akan terlalu banyak diserap tubuh, mayoritas hanya akan terbatas sampai di kulit dan tidak akan masuk terlalu jauh hingga pembuluh darah. Kalaupun diserap tubuh, kandungannya tidak akan sebanyak yang ada di permukaan kulit.

    Selain itu, seberapa tebal olesan serta berapa luas area yang dipakaikan kosmetik tersebut juga berpengaruh. Jika lapisan kosmetiknya tipis dan dipakaikan hanya pada sebagian kecil area kulit, tentu pengaruhnya akan berbeda bila lapisannya tebal dan dipakaikan pada area kulit yang luas. Hal ini lah yang menjadikan perkara kosmetik aman atau tidak bagi ibu hamil kadang menuai kontroversi.

    Kesimpulannya, bila Anda ingin merasa aman, tentu akan lebih nyaman bila Anda tidak gunakan kosmetik berbahan tersebut untuk sementara. Anda tidak perlu repot-repot mengecek satu per satu kandungannya, dan Anda juga tidak perlu merasa waswas apakah Anda sudah memakainya dengan benar atau apakah kosmetik yang Anda gunakan betul-betul tidak berpengaruh pada kehamilan Anda. Tapi bila Anda masih ingin memastikannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau pada klinik kecantikan. Para profesional itu akan bisa membantu Anda dengan memilihkan langsung kosmetik mana saja yang bisa Anda pakai sehingga Anda tidak perlu pusing memilahnya sendiri. Semoga kehamilan dan persalinan Anda berjalan lancar.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa