Tanya Dokter

  • Apakah skizofrenia dapat sembuh total tanpa minum obat

  •  megaok
    Anggota

    sore dok, mau tanya apakah skizofrenia bisa sembuh total tanpa meminum obat?

    halo, terimakasih atas petanyaan yang Anda sampaikan,

    Skizofrenia adalah suatu gangguan jiwa berat, (psikotik) yakni suatu kondisi terputusnya kemampuan untuk membedakan realita dan non realita. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai pencetus, faktor gentik,  gangguan neurotransmiter otak, dan stressor psikososial diketahui saling berkontribusi terhadap terjadinya gangguan ini.

    karena sifatnya yang merupakan suatu gangguan jiwa berat maka kondisi ini jelas memerlukan bantuan dari profesional medis (psikiater / spesialis kejiwaan). Terapi utama skizofren sampai saat ini tetaplah terapi farmakologik / obat, yang telah diketahui mampu secara efektif pada banyak kasus dapat mengontrol gejala, baik gejala positif maupun negatif. pada kasus-kasus tertentu terapi lain seperti ECT/kejut otak dapat dikerjakan. Pada pasien yang telah membaik dan dapat memahami instruksi dan mengikuti perintah dan kooperatif maka biasanya terapi lain seperti terapi okupasi dan psikoterapi mulai dapat dilakukan.

    Seorang yang mengalami skizofrenia, umumnya meski gejala telah hilang sepenugnya tetap akan lebih rentan mengalami gangguan ulang, sehingga kontrol berkala tetap diperlukan.

    Apakah sudah dapat lepas obat atau masih harus terus mengkonsumsi obat hal itu harus didiskusikan dahulu dengan psikiater dan tidak boleh sesuka pasien saja, karena penghentian yang tidak tepat dapat dengan cepat mencetuskan kekambuhan.

    skizofrenia

    Demikian yang dapat saya sampaikan ,semoga bermanfaat.

     

    dr. lili