Tanya Dokter

  • Asma tiba-tiba kambuh hingga membuat sulit tidur

  • Assalamualaikum ibu/bapa dokter yg saya hormati. Saya penderita asma sejak balita namun saat menginjak usia remaja hingga umur 19 thn asma saya tidak pernah kambuh. Namun akhir2 ini pada saat usia saya 20 tahun asma saya tiba2 kambuh dan membuat saya tidak bisa tidur dengan pulas dan hanya sekitar 2 jam tertidur. Kira2 posisi tidur bagaimana yg nyaman bagi penderita asma?? Terima kasih atas perhatian nya.

    Halo Tn Naufal,

    Penyakit asma merupakan penyakit yang dapat diturunkan menandakan tubuh mempunyai kerentanan genetik yakni alergi, penyakit asma ditandai dengan penyempitan saluran nafas paru sehingga menyebabkan sulit bernafas, batuk-batuk dapat kering atau berdahak. Kekambuhan asma biasanya dipicu oleh sesuatu dapat udara dingin, udara kotor seperti debu, asap, AC kotor hingga makanan atau sedang terinfeksi penyakit paru lain seperti Faringitis atau Bronkitis.

    Bila Asma yang sedang diderita kambuh sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksan fisik paru, rontgen paru, pemeriksana darah dan pemeriksana spirometri bila perlu. Pengobatan pada penderita asma dapat menggunakan antihistamin, bronkodilator baik tablet atau hisap paru, mukolitik atau pengencer dahak, hingga antibiotik bila diperlukan. Pengobatan yang tepat dan cepat akan membantu penyembuhan, mencegah komplikasi dan mencegah kekambuhan. Dokter dapat memberikan pengobatan inhalasi atau hirup yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat mulai dirasakan sesak. Atau bila kekambuhan hampir setiap hari maka dokter akan memberikan pengobatan rutin secara hisap paru (inhalasi kontroler).

    Yang dapat disarankan untuk cegah kekambuhan adalah paling utama menghindari kontak dengan pencetus kekambuhan, seperti hindari udara dingin malam, hindari mandi malam atau pagi dengan air dingin melainkan gunakan air hangat . Guankan masker bila berpergian untuk menghindair polusi dan cegah penularan virus dari penderita lain. Stop merokok atau berada dilingkungan merokok. Bersihkan ventilasi rumah, kipas atau AC rutin. Hindari makanan pencetus alergi bila ada seperti kacang-kacangan atau seafood. Posisi yang nyaman saat kambuh adalah setengah duduk dengan kemiringan 30-60 derajat. Namun penting untuk segera mengatasi sesak bila sedang kambuh seperti konsumsi obat atau mendapat terapi nebulasi obat bronkodilator di IGD terdekat. Bila tidak teratasi dengan pengobatan maka tidur akan sulit untuk nyenyak.

    semoga bermanfaat. Klik artikel ; Penyakit ASMA. Pertolongan pertama ASMA