Tanya Dokter

  • Solusi untuk hbsAg positif

  • Permisi dok mau Tanya dari hasil lab. SGOT Dan SGPT saya Normal namun HbsAg nya positif , apakah solusi Dan apa yg harus sy lakukan dok ??

    Halo,   HbSAg positif menandakan bahwa Anda terinfeksi oleh virus hepatitis B. Untuk langkah selanjutnya Anda sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memeriksakan kondisi Anda. Dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan seperti :

    1. Anti HbS = untuk mengetahui adanya antibodi terhadap virus hepatitis dalam tubuh Anda. Adanya anti HbS pada tubuh menandakan bahwa Anda telah terinfeksi lama atau mengalami reaktivasi infeksi kembali.
    2. HbV DNA = mengetahui jenis serotipe virus hepatitis yang menginfeksi Anda.
    3. USG = mengetahui kondisi liver Anda, apakah sudah ada tanda kerusakan liver/ pengerasan hati ( sirosis)
    4. Biopsi hati jika perlu.
    5. tes fungsi hati = SGOT, SGPT, ALT dll.
    Dengan mengetahui kondisi penyakit Anda, maka dokter bisa menentukan terapi terbaik untuk kondisi Anda. Pengobatan kasus hepatitis B pada fase akut biasanya tidak memerlukan terapi berlebih, pengawasan dan kontrol mengenai kondisi liver dan status infeksi Anda akan dibutuhkan dengan melakukan tes darah setiap beberapa bulan sekali. Mengubah pola hidup sehat dengan melakukan istirahat cukup, makan gizi seimbang, hindari rokok dan narkoba serta olahraga teratur diharapkan bisa dilakukan untuk mencegah perburukan infeksi dan membuat tubuh menghasilkan antibodi terhadap virus. Namun pada kasus hepatitis B kronis maka pemberian peg interferon dan antivirus akan diperlukan untuk menekan jumlah virus sehingga mencegah virus merusak liver Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi