Tanya Dokter

  • Kulit wajah tampak bercak kemerahan, pucat, dan gatal setelah penggunaan beauty water

  • maaf dok saya ingin bertanya, awalnay wajah saya tidak apa-apa, namun setelah saya mencoba memakai beauty water ph 6.0 beberapa hari kemudian wajah saya timbul bercak merah-merah bulat lalu tengahnya agak bersisik tipis dan sedikit gatal rasanya, apakah itu karena saya tidak cocok memakai beauty water tersebut atau bagaimana dok, dan apa solusinya? trimakasih

    Hai Devi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kulit yang tampak berbercak-bercak kemerahan, pucat di tengah, dan terasa gatal kemungkinan besar menandakan suatu infeksi jamur. Kondisi ini rentan terjadi pada mereka yang kebersihan kulitnya kurang terjaga dengan baik. Di samping itu, produksi keringat berlebih, dan kontak secara langsung atau tidak langsung dengan penderita jamur kulit lainnya bisa juga menyebabkan Anda terinfeksi jamur kulit. Beberapa jenis infeksi jamur tersering adalah tinea versicolor (panu), candidiasis kutan, dan sebagainya.

    Selain infeksi jamur, mungkin juga keluhan Anda muncul akibat dermatitis seboroik (peradangan kulit kronis yang mengakibatkan kulit mengelupas seperti ketombe), pityriasis alba, psoriasis (peradangan kulit kronis akibat kelainan autoimun yang membuat kulit menebal dan mengelupas), dermatitis kontak, dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini mungkin berkaitan dengan produk kecantikan yang Anda gunakan sebelumnya, namun mungkin juga tidak.

    Ada baiknya, Anda periksakan keluhan Anda langsung ke dokter. Bila benar penyebab keluhan Anda adalah infeksi jamur, maka dokter bisa memberikan Anda obat anti jamur dan obat lain guna mengatasi keluhan Anda. Bawa serta produk kecantikan tersebut agar dinilai oleh dokter, apakah ada kandungan di dalamnya yang berpotensi memicu iritasi atau alergi pada kulit Anda. 

    Sementara ini, hindari memegang berlebihan taau menggaruk-garuk kulit wajah yang gatal. Hindari juga mengelupasi kulit yang tampak bersisik agar tidak terjadi iritasi. Mandi yang rajin, lalu keringkan dengan baik kulit wajah Anda setelah mandi (lap menggunakan handuk lembut dan bersih, jangan digosok-gosok). Bila berkeringat, segera usap keringat Anda agar kulit tetap kering.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah