Tanya Dokter

  • sperma agak kuning dan terlalu kental

  • Dok kenapa sperma saya agak kuning dan sedikit kental? Pada mulanya keluar sperma encer, lalu keluar yang agak sedikit kuning, Namun saya tidak merasakan sakit saat mengeluarkannya. Apa ini kondisi yang serius?

    YanScreamo Asking Alexandria  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Sperma yang dikaluarkan pada saat ejakulasi umumnya memang bewarna dengan rentang keputihan hingga abu terang.  Kebanyakan perubahan warna hanya berlangsung sebentar/temporer dan seringkali bukan masalah yang serius. Akan tetapi, tentunya dapat juga disebabkan kelainan tertentu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan warna sperma kekuningan :

    • Usia tua
    • Diet : terutama diet yang mengandung kandungan sulfur tinggi seperti bawang bombay, bawang merah/putih, kacang, kubis, brokoli, asparagus. Anda dapat mengurangi asupan makanan tersebut dan konsumsi cairan yang cukup untuk mengurangi gejala
    • Suplemen vitamin tertentu
    • Abstinenstia / tidak berejakulasi dalam waktu yang lama
    • Campuran urin/kencing pada semen
    beberapa penyebab yang  bersifat patologis/tidak normal : Periksakan diri anda ke dokter jika keluhan ini terjadi lebih dari 1-2 minggu. Dan jika disertai : nyeri, demam, gangguan fungsi seksual, darah pada urin. Anda membutuhkan evaluasi lebih lanjut jika ditemui hal-hal diatas. demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.  

    Jadi selama saya tidak merasakan keluhan lain seperti diatas, maka ini tidak serius dok?

    YanScreamo Asking Alexandria  dr. Rico N
    Dokter

    Dapat dikatakan seperti itu. Penyebab perubahan warna sperma menjadi kekuningan karena sebab non patologis (bukan penyakit) sudah saya sampaikan diatas. Periksakan diri anda ke dokter jika ada tanda-tanda seperti yang telah saya sebutkan (termasuk jika warna kekuningan tersebut berlangsung cukup lama). Adanya tanda-tanda diatas, mengarahkan kecurigaan pada penyebab patologis (suatu penyakit) seperti radang / infeksi prostat.