Tanya Dokter

  • Bahaya dari penyakit stroke ringan

  •  Ahmad efendy
    Anggota

    Slmat pagi dok.. Assalamu'allakum.. pagi td ibu saya di larikan kerumah sakit. Stlh pemeriksaan masuk udg pnjlesan dr dokter rmh sakit katanya ibu saya sdg terkena penyakit stroke ringan, karena sy berada di luar negara (tki) jd sy tdk tahu persis keadaannya.. kta adik sy yg berada di rumah sakit. Ibu saya nnt skitar antara jam 9 hingga jam 12 atau besok akan di tangani dokter spesialis..pertanyaan sy. Apakah bahaya dan apa resiko ibu saya bila penanganan dokter spesialis baru dpt dilakukan besok.. makasih Wassalamu'allaikum.. (sy tidak dapat mengunduh app di negara sy tinggal)

    Halo Ahmad, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Stroke ringan atau yang disebut juga dengan TIA (transient ischemic attack) adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan aliran darah ke otak yang terjadi sementara waktu yang menyebabkan otak mengalami kekurangan oksigen (iskemia) tanpa disertai dengan dengan kematian jaringan (infark). Umumnya gejala-gejala pada TIA akan menghilang dalam waktu kurang dari 24 jam.

    Meskipun gejala-gejala ini dapat menghilang sendiri dalam 24 jam, risiko terjadinya TIA berulang bahkan risiko terjadinya stroke cukup tinggi pada orang yang terkena TIA terutama pada 48 jam pertama setelah serangan. Pada sebagian kecil sisanya, dapat terjadi serangan TIA berulang ataupun stroke di beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah serangan.

    Tatalaksana untuk TIA sendiri lebih difokuskan pada mencegah berulangnya TIA ataupun terjadinya stroke ini. Pada umumnya tidak diperlukan tindakan medis tertentu dalam menangani TIA (tidak perlu operasi ataupun tindakan lainnya), dan penderita TIA hanya diberikan obat-obatan saja. Obat-obatan yang umumnya diberikan adalah obat-obat antiplatelet, ditambah dengan obat-obatan lain untuk mengontrol faktor risiko misalnya obat antihipertensi, obat antidiabetes, obat antikoagulan (pengencer darah), penurun kolesterol (statin). Bila pada pemeriksaan terdapat bukti sumbatan pada pembuluh darah karotis, dapat dilakukan tindakan berupa carotid endarterectomy atau carotid artery stenting.

    Karena terapi yang diberikan umumnya hanya obat-obatan, dokter di rumah sakit tentunya sudah akan memberikan obat-obatan yang dibutuhkan ibu anda atas rekomendasi dan konsultasi dengan dokter spesialis. Bila ada hal-hal yang ingin anda tanyakan lebih jelas mengenai terapi ibu anda, sebaiknya anda meminta adik anda menanyakan secara langsung kepada dokter yang menangani ibu anda di rumah sakit. 

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca terkait TIA

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia