Tanya Dokter

  • Sudah didiagnosis gagal jantung di usia remaja

  • Mau tanya dok, sekitar 4 tahun lalu saat masih sekolah SMP Kelas 3 diusianya yg masih 16 tahun teman saya sudah didiagnosis oleh dokter Sp.JP Gagal Jantung (CHF), sebelum ke dokter Sp.JP teman saya berobat tradisional, karena dirasa tidak ada perubahan akhirnya teman saya berobat ke dokter, karena saat itu kondisinya sesak nafas hebat, dada yg maju, kedua kakinya bengkak, buah jakar ikut membengkak,dokter itu meresepkan obat sprinolactone dan menyuruh untuk dirujuk ke spesialis jantung katanya, setelah dirujuk ke dokter jantung barulah mulai ditegakan diagnosisnya yaitu gagal jantung, obat yg diberikan dokter jantung berupa bisoprolol fumarate, ramipril, clopidogrel, dan furosemide. Alhamdulillah semenjak berobat ke dokter jantung kondisinya lebih terkontrol skrg, namun dada nya tetap maju dan tidak bisa normal lg itu kenapa yah? Yg saya lihat cuma kondisi sesak dan bengkak aja yg membaik. Nah yg mau saya tanyakan itu kenapa penyakit gagal jantung bisa dialami di usia remaja yah dok? Padahal riwayat keluarga atau faktor genetik nya itu gaada yg punya penyakit gagal jantung dok, berat badan juga normal, merokok sih iya tapi tidak banyak. Kenapa bisa begitu dok? Tolong berikan jawaban, terima kasih

    Halo Muhammad Arifin, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gagal jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung tidak mampu memompa darah untuk mencukupi kebutuhan aliran darah di seluruh tubuh. Gagal jantung dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah:

    1. penyakit jantung koroner dan serangan jantung
    2. tekanan darah tinggi
    3. gangguan pada katup jantung
    4. kardiomiopati (gangguan pada otot jantung)
    5. penyakit jantung bawaan
    6. gangguan irama jantung
    7. penyakit lainnya seperti hipertiroidisme, hemokromatosis (penumpukan zat besi berlebihan), amiloidosis (penumpukan protein amiloid berlebihan), dan masih banyak lagi.

     

    Gagal jantung yang terjadi pada usia muda dapat disebabkan oleh penyakit jantung bawaan (bisa berbagai macam jenisnya) dan penyakit jantung rematik. Penyebab lainnya juga masih mungkin terjadi misalnya komplikasi hipertiroidisme yang tidak diterapi, komplikasi anemia berat (misalnya terdapat kondisi seperti Thalassemia), hemokromatosis, dan lain-lain, namun lebih jarang frekuensinya. Gagal jantung sendiri bukan merupakan penyakit keturunan. Gagal jantung lebih merupakan komplikasi lanjutan yang terjadi akibat adanya penyakit lain yang tidak ditangani dengan baik.

    Untuk dapat mengetahui lebih jelas penyebab gagal jantung yang dialami oleh teman anda, ada baiknya anda dan teman anda berdiskusi secara langsung dengan dokter jantungnya yang mengetahui secara lebih jelas hasil pemeriksaan jantung teman anda. Diagnosis penyebab gagal jantung dapat diketahui lebih jelas dengan pemeriksaan-pemeriksaan tambahan seperti EKG atau rekam jantung dan echocardiografi atau USG jantung.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjelaskan

     

    dr. irna cecilia