Tanya Dokter

  • Bersin-bersin dan pilek setelah beres-beres rumah

  •  Desi
    Anggota

    Malam dok , saya suka aneh dok setiap saya beresberes rumah setelah sekian jam saya bersinbersin dan pilek dok mata gatal kadang mengeluarkan air. saya merasa terganggu dengan keadaan saya yg seperti ini kadang juga saya merasa sesak dok , saya bisa bersinbersin atau kambuh pileknya itu kadang seminggu 2 kali. terimakasih dok , mohon penjelasannya :)

    Hai Desi Gejala yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh alergi akibat debu rumah saat beres-beres rumah. Gejala yang dapat timbul akibat alergi, antara lain:

    • Pilek, hidung tersumbat
    • Batuk
    • Sesak napas akibat hidung tersumbat atau karena penyempitan saluran napas yang disertai bunyi mengi (ngik-ngik) akibat asma
    • Mata dan hidung terasa gatal
    • Dapat disertai bentol dan kemerahan pada kulit.
    Berikut informasi penyakit mengenai pilek akibat alergi: Rhinitis alergi. Untuk mengetahui pemicu alergi, Anda dapat melakukan tes alergi pada rumah sakit terdekat. Penanganan paling ampuh untuk alergi adalah menghindari pemicu alergi tersebut, bila gejala Anda kambuh terutama saat terkena debu rumah, ada kemungkinan Anda alergi terhadap debu. Anda dapat meminimalisir kontak debu dengan menggunakan masker saat beres-beres rumah. Berikut informasi lengkap secara umum mengenai alergi: Alergi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Desi  Desi
    Anggota

    Tapi dok tidak biasanya bersinbersin yang sekarang terasa sakit di tenggorokkan , kenapa yaa dok?

    Desi  Desi
    Anggota

    Tapi dok, bersinbersin yang sekarang tidak seperti biasanya . yang sekarang bersinnya sakit ke tenggorokkan , kenapa yaa dok?

    Hai Desi Bila disertai sakit tenggorokan, ada kemungkinan gejala alergi tersebut disertai infeksi saluran pernapasan atas. Sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi air putih hangat, dan juga mengurangi makanan seperti gorengan untuk mengurangi gejala sakit tenggorokan. Bila sakit berlanjut, sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Informasi mengenai infeksi saluran pernapasan atas dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Semoga membantu ya. Terima kasih.