Tanya Dokter

  • Sulit mengucapkan huruf R dan suara masih seperti anak kecil

  •  Seroja Doe
    Anggota

    Selamat pagi, dok. Saya tidak bisa bicara dgn jelas dan selalu terdengar seperti anak kecil padahal udia saya sudah 20an. Ketika saya menyebut huruf R, pipi kiri saya bergetar dan saya ketika ngomong cenderung menggerakan bibir ke arah kiri. Kira-kira apa penyebabnya dan apakah masih bisa diatasi? Terima kasih.

    Halo, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kondisi dimana suara seseorang tidak mengalami perubahan saat dewasa sehingga terdengar seperti suara anak-anak disebut dengan puberphonia. Puberphonia dapat terjadi karena beberapa penyebab, antara lain:

    1. Penyebab psikogenik (terkait psikologis), misalnya malu karena perubahan suara saat pubertas, tidak ingin menjadi dewas, ingin menjaga suara soprano yang dimiliki, terdapat stress emosional tertentu.
    2. Penyebab organik, misalnya gangguan pada otot-otot laring, terdapat kelainan kongenital (cacat lahir) pada laring, terdapat kelainan pada pita suara, terdapat kelumpuhan pada sebagian pita suara.

    Bila memang anda memiliki gangguan bicara lainnya, meliputi tidak bisa bicara dengan jelas, terdapat tarikan pada bibir saat bicara, sebaiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke Dokter Saraf. Dokter saraf akan melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap otot-otot dan persarafan di wajah dan lidah anda untuk melihat kemungkinan kelainan pada persarafan anda. Bila tidak terdapat gangguan organik tertentu, dokter anda dapat merujuk anda ke terapis wicara untuk dilakukan terapi perbaikan cara bicara anda meliputi juga artikulasi dan pengucapan kata anda.

     

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia