Tanya Dokter

  • Apakah sulit orgasme dapat menyebabkan sulit hamil?

  • Assalamualaikum dok.. Saya mau tanya ? Saya sudah menikah 3thn tapi belum di kasih momongan.. Apakah ada pegaruhnya bila saya sulit organisme jadi sulit untuk hamil ?? Penyebab sulit organisme mungkin karna suamiku terlalu cepat organismenya jadi saya kurang terangsang.. Mohon jawabannya dok, Terimakasih..

    Hai Indry Sulit orgasme pada wanita tidak menyebabkan penurunan kesuburan atau menyebabkan sulit menjadi hamil asalkan cairan sperma tetap dapat masuk ke dalam rahim. Namun dengan catatan tidak ada gangguan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Agar Anda lebih terangsang saat berhubungan, Anda dan suami Anda dapat meningkatkan kualitas dan durasi lamanya foreplay (pemanasan) dengan cara saling mencium, menyentuh, dan membelai, tidak perlu terburu-buru untuk melakukan penetrasi penis ke dalam vagina, dengan pemanasan yang berkualitas maka wanita dapat lebih mudah terangsang dan mencapai keadaan orgasme. Untuk mengetahui kesuburan pada pria dan wanita, diperlukan pemeriksaan kesuburan, antara lain:

    • Pada pria dengan analisa sperma.
    • Pada wanita, dengan pemeriksaan USG untuk melihat rahim dan indung telur, HSG (histerosalpingografi) untuk melihat apakah adanya sumbatan pada saluran indung telur.
    Informasi lengkap mengenai tes kesuburan dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mandul atau tidak? Pastikan dengan tes kesuburan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william