Tanya Dokter

  • Apakah sakit saat suntik difteri?

  • Apakah sakit dok suntik difteri itu soalnya saya takut dok

    Halo Rezky,

    Terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Difteri merupaki an suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae dan menyerang selaput lendir pada saluran pernafasan dan bersifat sangat menular. Gejala khas yang muncul awalnya dialami dengan demam, rasa lemas, nyeri persendian, sulit menelan yang kemudian terdapat selaput tipis yang berwarna putih keabu-abuan di amandel atau tenggorokannya yang mudah berdarah jika dikeluarkan. 

    Belum lama ini kejadina difteri kembali merebak dan sampai menimbulkan kematian. Kematian ini disebabkan karena komplikasi yang terjadi, dapa berupa kerusakan otot jantung. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan Vaksinasi difteri, dengan begitu diharapkan kekebalan tubuh akan terbentuk, sehingga tidak mudah terserang oleh hal tersebut, ataupun bagi seseorang yang sudah tertular, gejala yang ditimbulkan pun dapat lebih ringan. Jadwal vaksin difteri  (DPT) yaitu pada bayi dengan usia 2,3 dan 4 bulan dan 18 bulan, kemudian diulang pada usia 5 tahun. Booster (Td/Tdap) pada usia 10-12 tahun dan (Td) pada usia 18 tahun. Dapat diulang setiap 10 tahun sekali.

    Karena vaksin diberikan dengan cara disuntikkan, tentunya dapat menimbulkan sedikit rasa nyeri pada area penyutikan. Bebebrapa efek samping yang dapat terjadi :

    • Kemerahan atau sedikit bengkak, dapat disertai dengan rasa pegal atau kram
    • Badan pegal atau terasa lemas
    • Demam ringan

    Jika hal ini terjadi Anda tidak perlu khawatir, keluhan dapat hilang 2-3 hari setelah penyuntikan, namun apabila keluhan tersebut disertai dengan demam hingga menggigil kulit tampak ruam kemerahan segera periksakan diri Anda ke dokter guna menghindari efek yang lebih parah.

     

    Pentingnya vaksin difteri

     

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.