Tanya Dokter

  • waktu yang tepat untuk suntik tetanus pada ibu hamil

  •  Ekakartini
    Anggota

    dok saya mau tanya, berapan kali ya ibu hamil suntik tetanus ,saya baru suntik 1kali pada bulan april itu kehamilan saya 19minggu dan ini kehamilan pertama saya

    Hai Ekakartini,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Vaksin tetanus (TT, tetanus toxoid) diberikan pada ibu hamil dengan tujuan untuk mencegah terjadinya infeksi tetanus pada ibu, janin dalam kandungan, maupun bayi setelah dilahirkan nantinya.

    Tetanus sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Penyakit ini ditandai dengan kekakuan dan kejang otot yang khas. Pada kondisi yang lebih lanjut, penyakit ini bisa berpotensi mengancam jiwa apabila tidak tertangani dengan baik. Karenanya, langkah pencegahan sangat penting untuk dilakukan.

    Pada ibu yang baru hamil pertama kali, vaksin TT diberikan setidaknya sebanyak 2 kali selama kehamilan. Adapun waktu pemberian ini bisa berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, pemberian vaksin TT aman untuk dilakukan selama kehamilan.

    Umumnya, dokter akan memberikan vaksin TT pertama pada saat usia kehamilan sudah mencapai trimester 3 (usia kehamilan 28 minggu atau lebih). Selanjutnya, vaksin kedua bisa diberikan kembali dengan jarak setidaknya 4 minggu dari jadwal vaksin pertama. Namun, ada juga dokter yang memberikan vaksin TT pada trimester pertama atau kedua sebagaimana yang Anda alami.

    Sebaiknya, Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan Anda, kapan dan berapa kali sebaiknya Anda mendapatkan vaksin tersebut guna memberikan perlindungan yang optimal terhadap diri Anda dan juga janin yang Anda kandung ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah