Tanya Dokter

  • Suntik TT dan KB setelah menikah

  •  Khekhey
    Anggota

    Hallo dok . Selamat sore ... Dok. Sya mau bertanya apakah boleh suntik TT setelah menikah ? Tp sya baru suntik KB satu minggu yg lalu . Bidan bilang tunggu satu minggu setelah suntik KB . Gmna dok untuk penjelasan lebih lanjutnya . Karena bidannya bilang jg untuk pertahanan tubuh .

    Salam,

    Dari info yang Anda, pemberian vaksin TT merupakan rangkaian program pemerintah untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dari resiko infeksi tetanus. Oleh karena itu, menunda suntik TT setelah menikah pada dasarnya tidak dilarang, namun beresiko Anda lupa dan tidak melakukan suntik TT terhadap resiko infeksi tetanus  selanjutnya.

    Ole karena itu, bila pun Anda berencana suntik TT setelah menikah,maka Anda dapat berkomitemen untuk melakukan suntik TT ini sesuai jadwal. Dengan mengikuti jadwal suntik TT, maka diharapkan Anda dapat terlindungi dari resiko infeksi tetanus.

    Walaupun Anda sudah mendapatkan suntik tetanus pada usia bayi dan sekolah, booster atau penambahan suntuk tetanus dapat dilakukan saat usia sekolah dan diperkuat saat akan melakukan pernikahan. Hal ini berkaitan dengan lama perlindungan vaksin tetanus yang dilakukan. Bila dalam 10 tahun terakhir Anda tidak mendapatkan suntik TT, maka sebaiknya suntik TT dapat dijadwalkan untuk dilakukan. Suntik TT saat ini akan dapat melindungi tubuh Anda dari resiko infeksi tetanus selama kehamilan dan persalinan.

    Selanjutnya, diskusikan dengan dokter Anda di puskesmas atau di rumah sakit untuk rencana program suntik TT yang direncanakan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi