Tanya Dokter

  • Suplemen untuk kehamilan

  • Pagi dok umur saya bulan juni mendatang 27 tahun untuk konsumsi obat lycoxy, utrogestan, vitamam 1 tidak masalah kan dok. Terima kasih. Apakah obat yang dikasih berdasarkan umur ibu atau kandungan yah dok.? Mohon penjelasannya.

    Vinni yang baik,

    kami agak kesulitan dalam mengerti pola konsultasi Anda karena Anda tidak menyebutkan apakah Anda sedang dalam keadaan hamil atau tidak, dan bilamana ya, berapa usia kandungannya dan lain sebagainya. Namun secara prinsip, ada 3 merk dagang dari obat yang Anda gunakan. Kami akan mencoba membahasnya secara singkat satu persatu. Lycoxy merupakan merk dagang dari suplemen yang mengandung bahan-bahan yang memiliki efek antioksidan seperti Lutein, Lycopene dan vitamin E, vitamam juga merupakan golongan suplementasi yang berisikan vitamin yang baik untuk kehamilan seperti asam folat. Utrogestan disisi lain berisikan hormon progesteron yang dimikronisasi. Obat ini diberikan sebagai penguat kandungan pada mereka yang memiliki kehamilan berisiko seperti pernah keguguran atau terancam mengalami keguguran.

    Bila lycoxy dan vitamam bisa diberikan kapan saja karena bersifat suplementasi, utrogestan yang merupakan obat yang memiliki efek pada hormon selama kehamilan, hendaknya dikonsumsi dalam pengawasan dokter kandungan. Artinya selama mengonsumsi obat ini, seseorang harus rajin mengontrolkan kehamilannya pada dokter agar melihat progres dari kehamilannya apakah sesuai target atau perlukah adanya tambahan pengobatan untuk menjaga kehamilan tetap aman hingga waktu persalinan. Berikiut kami lampirkan artikel mengenai suplementasi kehamilan. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief