Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika telat menstruasi disertai mual dan pusing

  •  Evita ningsih
    Anggota

    Hay dok, nama saya evita ningsih, saya berusia 21 thn. Saya mau tanya, pada bulan 1 saya haid tgl 21 dan blan 2 saya haid tgl 20, jadi seharusnya dibulan 3 saya haid tgl 19, tp malah tgl 28. Kalau dilihat dari tgl saya sdh telat 1 minggu, nah sblm tgl 28 saya haid, malamnya ditgl 27 saya minum sprite dan waktu dijalan kena goncangan akibat jalan berlubang dan besoknya saya haid ditgl 28. Ini skrg dibulan 4 sampai skrg tgl 21 saya blum haid tp saya mengalami pusing, mual, sering meludah, pinggang sakit, perut kram, kepingin ini itu, dan perut sedikit membesar, tp setelah saya tespek hasilnya msih negativ. Itu gimana ya dok.?? Kalau dari perkiraan dokter saya bisa hamil kapan.?? Itu saja pertnyaan saya, mohon dijawab iia dok krena saya butuh dan saya tunggu jawaban dokter. Terima kasih.

    Halo

    Siklus menstruasi yang normal pada wanita terjadi setiap 21 - 35 hari sekali dengan durasi selama 3 - 7 hari. Jika menstruasi anda masih dalam rentang waktu tersebut, bisa jadi yang anda alami hanya keterlambatan biasanya. Namun jika memang biasanya teratur atau tidak dalam rentang tersebut, bisa saja anda mengalami keterlambatan menstruasi.

    Keterlambatan menstruasi sendiri bsia bermacam-macam seperti oligomenorrhea dimana tidak terjadi menstruasi >37 hari namun <90 hari. Sedangkan jika sudah >90 hari, dinamakan amenorrhea. Kondisi tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak hal seperti hormonal, pemakaian kontrasepsi, kehamilan, kekurangan gizi dan lainnya.

    Keluhan yang anda alami bisa saja merupakan gejala hamil muda, namun bisa juga disebabkan kondisi lain seperti gastritis atau maag, GERD atau asam lambung yang naik, infeksi saluran reproduksi, pencernaan atau kemih dan lainnya.

    Baca juga: tanda kehamilan

    Kapan bisa hamil merupakan hal yang tidak bisa diprediksi. Namun anda bisa merencanakan kehamilan dengan mengetahui masa subur anda dapat anda baca di sini. Dan juga banyak sekali hal yang mempengaruhi dalam terjadinya kehamilan seperti kesuburan wanita dan juga pria seperti hormonal, saluran reproduksi wanita, keadaan sperma dan lainnya. Sehingga jika memang dalam 12 bulan menikah dan melakukan hubungan seksual aktif tanpa menggunakan alat kontrasepsi namun belum hamil, anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk dievaluasi keadaan anda dan pasangan serta merencakan kehamilan nantinya.

    Semoga membantu