Tanya Dokter

  • Susah BAB dan kencing kurang lancar setelah konsumsi obat lambung dan ginjal

  • Dok mau tanyak.udh dua hari ini orang tua saya ngk bisa BAB. Memang udh dua hari ini orang tua saya konsumsi obat dari rmh sakit untuk obat lambung dan ginjal. Apa penyebabx dok kog ngk bisa BAB.apa karena pengaruh dari obat itu dok.. Makasih.

    Hai Miftahus,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Beberapa jenis obat memang diketahui bisa memicu konstipasi (sulit BAB), di antara yang tersering adalah obat-obatan anti nyeri, misalnya golongan opioid atau NSAID (non steroidal anti inflammatory drugs). Beberapa jenis obat untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi bisa juga menyebabkan sulit buang air besar.

    Namun, perlu Anda ketahui bahwa masih banyak lagi kemungkinan penyebab konstipasi, contohnya:

    • Gaya hidup tidak sehat, seperti kurang minum, diet rendah serat, kurang gerak, terbiasa menahan hasrat untuk buang air besar
    • Sumbatan pada saluran cerna, misalnya akibat tumor intraabdomen, striktura usus
    • Gangguan syaraf di saluran cerna, misalnya akibat multiple sclerosis, penyakit Parkinson, stroke, cidera tulang belakang
    • Gangguan hormonal, misalnya akibat hipotiroidisme, diabetes, hiperparatiroidisme, dan sebagainya

    Karenanya, untuk mengetahui penyebab konstipasinya, perlu diperjelas dulu penyakit apa yang orang tua Anda derita sebelumnya? Obat lambung dan ginjal apa yang saat ini dikonsumsi? Apakah ada keluhan lain yang dialami selain sulit buang air besar?

    Kami sarankan, Anda memeriksakan langsung orang tua Anda ke dokter agar diketahui, apa penyebab keluhannya. Umumnya, konstipasi perlu ditangani dengan segera apabila terjadi lebih dari 2 minggu, atau disertai keluhan lain, seperti tidak bisa buang angin sama sekali, muntah-muntah, perut kencang, nyeri perut, lemas, demam, keringat dingin, atau muncul benjolan di perut.

    Saat ini, Anda sebaiknya beri tahu orang tua Anda untuk memperbanyak minum dan makan sayur serta buah-buahan guna menjaga asupan seratnya. Kurangi dulu mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gas agar perutnya tidak menjadi kembung atau nyeri. Ajak orang tua Anda untuk aktif bergerak dan berolahraga serta menghindari stres yang berlebihan untuk membantu melancarkan pencernaannya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah