Tanya Dokter

  • Bayi usia 2 minggu BAB setiap kali diberi susu formula

  • Dok saya mau tanya anak saya baru 2 Minggu kok setiap saya beri susu formula kok bab ya apakah itu wajar dok

    Hai Dewi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Frekuensi BAB bayi yang masih berusia sangat muda memang kerap kali belum stabil. Ada bayi yang mengalami BAB sangat jarang (hingga lebih dari 3 hari sekali) namun ada juga yang justru mengalami BAB sangat sering (lebih dari 3 kali dalam sehari). Pemberian makanan atau minuman tambahan selain ASI (termasuk susu formula) bisa turut mempengaruhi hal ini.

    Sistem pencernaan bayi yang berusia 2 minggu masih sangat sensitif, sehingga pada usia ini idealnya ia baru mendapatkan ASI secara eksklusif. Pemberian susu formula yang komponennya cenderung sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi bisa membuat bayi mengalami diare. Kondisi ini bisa terjadi karena intoleransi (misalnya bila susu formula yang Anda berikan mengandung tinggi laktosa), infeksi saluran cerna (misalnya bila cara penyajian susu formula tidak higienis), dan sebagainya. Apabila kondisi ini terjadi terus menerus, yang dikhawatirkan adalah bayi Anda mengalami kekurangan nutrisi dan pada akhirnya menyebabkan gangguan pertumbuhan.

    Sebab itu, Anda sebaiknya tidak dulu memberikan susu formula. Berusahalah memberikan bayi Anda haknya, yakni ASI eksklusif. Apabila Anda memiliki kendala dalam menyusui, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter konsultan laktasi di fasilitas kesehatan terdekat, jadi jangan terburu mengganti ASI dengan susu formula ya.. Pemberian susu formula pada bayi berusia kurang dari 6 bulan sebaiknya hanya dilakukan apabila ada alasan yang mendesak, seperti ibu meninggal atau ibu menderita sakit tertentu yang menghalanginya menyusui (misalnya HIV) namun belum ditemukan donor ASI yang sesuai.

    Sementara ini, di samping memberikan ASI eksklusif, sebaiknya Anda lebih memperhatikan juga kebersihan bayi dan lingkungan sekitarnya. Selalu lap payudara Anda menggunakan handuk bersih yang dilembabkan dengan air hangat setiap sebelum menyusui. Cuci juga tangan Anda setiap sebelum dan seusai berkontak dengan baik. Bila keluhan belum membaik setelah berbagai upaya di atas, jangan segan memeriksakan bayi Anda ke dokter ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah