Tanya Dokter

  • Amankah susu kambing untuk bayi usia 2 bulan?

  • Malam dokter . Saya mau brtanya . Anak saya tidak cocok susu formula .dari 3 merk sufor yg prnah q coba. Gak ada yang cocok . Dan 2 minggu lagi saya sudah mulai bkerja . Saya takut ASI yg saya berikan kurang . Terus ada orang yang bilang coba pakai susu kambing . Apakah susu kambing baik untuk bayi umur 2 bulan,dok ?

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Secara umum, hanya ASI dan susu formula yang boleh diberikan kepada bayi berumur kurang dari 6 bulan. Beberapa sumber malah melarang pemberian susu selain ASI dan formula sebelum bayi mencapai umur 1 tahun. Hal ini dikarenakan bayi berumur kurang dari 1 tahun lebih memiliki kemungkinan munculnya reaksi alergi terhadap susu sapi dan susu kambing ketimbang bayi berumur lebih dari 1 tahun.

    Disamping itu kandungan dari susu kambing memiliki kadar sodium, klorida dan potassium tinggi yang berbahaya bagi ginjal bayi dibawah 1 tahun yang masih belum berkembang sempurna. Belum lagi kemungkinan pendarahan saluran cerna, anemia, dan gangguan pertumbuhan, membuat pemberian susu kambing sangat tidak direkomendasikan. Kalaupun ada bayi dibawah 1 tahun yang terlihat baik-baik saja ketika mengonsumsi susu kambing, hal itu mungkin tidak berlaku bagi bayi lain dan secara nutrisi pun tidak mencukupi.

    Sehingga pada kasus Anda, Anda perlu mengetahui bahwa ibu sering kali merasa ASI nya tidak cukup padahal sebenarnya cukup. Cara untuk mengetahui ini adalah dengan rutin mengontrol berat badan bayi Anda dan apabila selama ini pertambahan beratnya masih dalam batas normal, Anda tidak perlu khawatir karena bayi Anda masih bisa tercukupi kebutuhan nutrisinya.

    Bila Anda bekerja dan takut sulit memberikan ASI sambil bekerja, Anda bisa memompa ASI Anda di pagi hari dan memberikannya ke bayi Anda kapanpun dibutuhkan. Selain itu, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ASI tidak keluar atau untuk memperlancar ASI adalah:

    • Susui bayi tiap 2-3 jam sekali
    • Pastikan mulut bayi melekat dengan benar ke payudara
    • Hindari asap rokok
    • Istirahat cukup dan jangan stress
    • Konsumsi makanan bergizi

     

    Untuk info lebih lanjut, silahkan klik link berikut menuju artikel kami berjudul Cara Memperlancar Keluarnya ASI. Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa