Tanya Dokter

  • Penyebab tangan bergetar sendiri

  •  Permata Nina
    Anggota
    Mlm dok,,sya sring mengalami tangan bergetar dengan sendrinya bahkan kdang sya tdk mnyadarii bahwa tngan sya sdang bergetar,, apa itu tanda bahwa ada krusakan syaraf ato organ lain?! Sya pernh mnjlani tes ct scan dan hasilnya ada sperti benjolan di mediastinum,, apakah itu jg slah stu pnyebabnya?! Sberapa bahayanya utk sya?! Trims
    Permata Nina  Arief Tri
    Dokter

    Halo Permata Nina, terima kasih atas pertanyaanya di alodokter.

    Tremor merupakan kondisi dimana terjadi gerakan berulang-ulang yang tidak terkontrol pada bagian tubuh tertentu. Umumnya tremor terjadi pada tangan dan kepala, namun juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada bagian tubuh lain seperti kaki, perut atau pita suara. Penyebab utama dari tremor adalah adanya gangguan pada bagian otak yang berfungsi mengatur pergerakan otot, namun ada beberapa kondisi yang juga dapat menimbulkan tremor, antara lain; penyakit Parkinson, multiple sclerosis, stroke, cedera pada otak, sirosis hepatis/kegagalan organ hati, kadar gula dalam darah rendah, penggunaan obat-obatan, atau mengkonsumsi alcohol, kafein yang berlebihan.

    Tidak ada pengobatan khusus yang dilakukan untuk mengatasi tremor. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk mengurangi tremor, sebagian besar kasus tremor tidak dapat disembuhkan. Obat-obatan yang diberikan juga tergantung dari hasil pemeriksaan dan diagnosa penyebab yang dilakukan oleh dokter, sehingga apabila keluhan tersebut sudah dirasakan mengganggu aktivitas anda, disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

    Beberapa saran yang dapat anda lakukan dirumah antara lain;

    • Melakukan olahraga ringan untuk memperkuat otot-otot di pergelangan tangan
    • Menghidari kondisi-kondisi yang dapat menimbulkan stress
    • Istirahat yang cukup
    • Mengurangi konsumsi minuman kopi dan memperbanyak minum air putih.

    Mengenai ditemukannya benjolan pada mediastinum, tidak ada hubungan dengan terjadinya tremor yang anda rasakan. Mediastinum merupakan area yang terdapat di rongga dada, yang dibatasi tulang dada dibagian depan, dan dibelakang oleh tulang belakang dan berada ditengah-tengah kedua paru. Pada rongga ini berisi jantung, pembuluh darah besar, trakea, kelenjar timus, aorta dan kerongkongan.

    Untuk menambah wawasan anda mengenai kondisi anda saat ini, berikut kami berikan artikel mengenai tremor dan mediastinum, semoga bermanfaat

    dr. Arief