Tanya Dokter

  • Tangan terasa panas, ngilu dan kesemutan saat posisi tidur

  • Selamat malam Dok, tangan kanan saya sering terasa ngilu (terutama siku), terasa panas, dan kesemutan. Terutama jika posisi tidur, tangan saya harus senyaman mungkin, biasanya posisi ternyaman ditelentangkan panjang ke samping. Ia tidak bisa pada posisi seperti diletakkan di atas perut atau lyrus ke bawah searah badan telentang. Selain siku, bagian yang paling terasa panas dan ngilu lainnya adalah telapak, punggung dan jari tangan. Jika bermain ponsel dalam keadaan tidur pun (bertumpu di siku) dia akan merasakan hal di atas. Jika hanya sekedar linu karena lama tertekuk, toh tangan kiri saya baik+baik saja. Saya sudah mengalami ini sekitar 3tahunan. Saya pernah ada riwayat keseleo, urat terpelintir sekitar 10 tahun lalu. Sembuh diurut. Namun saya perhatikan, letak urat tidak seperti pada tangan kiri. Saya harus apa? Apa keluhan saya termasuk efek riwayat tersebut? Atau ada hal lain? Tolong informasinya dok Terimakasiho

    salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya keluhan tangan linu, kesemutan dan panas yang Anda rasakan, kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan saraf tepi atau dikenal dengan polineuropati. Adanya keluhan yang Anda rasakan, merupakan keluhan iritasi ringan pada saraf yang sering disebabkan aliran darah tidak lancar pada daerah ketiak sampai lengan dan tangan. Gangguan aliran darah ini dapat dipicu oleh:

    1. Obesitas

    2. Radang saraf

    3. Penekanan struktur saraf pada jalur saraf dari tulang belakang sampai sekitar tangan

    4. Gangguan aliran darah karena koleaterol darah berlebih

    5. Kencing manis

    Namun, semua ini perlu kiranya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter keluarga Anda atau dokter saraf Anda. Dokter akan merencanakan pemeriksaan darah, rontgen ataulun pemeriksaan hantaran saraf Anda. Hasil pemeriksaan akan menjadi patokan penanganan keluhan yang Anda alami.

    Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah:

    1. Olah raga rutin

    2. Idealkan berat badan

    3. Evalausi riwayat trauma masa lalu

    4. Hindari tidur larut malam

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga neuropati.

    Dr. Ulfi