Tanya Dokter

  • Mengatasi mudah stres dan sulit bergaul

  •  Annisa Alya
    Anggota
    Dok saya mau tanya Saya sulit menghilangkan stress yang berakibat mudah sakit dan kadang saat saya sulit bergaul dengan orang lain saya cukup cerdas namun tidak berani berbicara dengan banyak orang kira2 apa masalah saya?

    Halo Annisa Alya, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Tipe kepribadian ini perlu dibedakan dari gangguan kepribadian. Beberapa tipe kepribadian memang tidak mudah diterima oleh masyarakat pada umumnya karena dianggap berbeda dan unik, namun selama tidak menyebabkan gangguan dalam berhubungan sosial dengan orang lain dan tidak menimbulkan gangguan signifikan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, tipe kepribadian tersebut tidak akan dianggap sebagai gangguan kepribadian.

    Bila kesulitan anda bergaul dengan orang lain menimbulkan gangguan yang signifikan dalam kehidupan anda sehari-hari, mungkin anda memiliki gangguan kepribadian menghindar (avoidant personality disorder). Orang yang memiliki gangguan kepribadian ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    1. sering merasa cemas, tegang, dan khawatir akan banyak hal
    2. merasa tidak percaya diri
    3. merasa lebih inferior dibanding orang disekitarnya
    4. memiliki perasaan takut tidak disukai dan takut ditolak
    5. sangat sensitif terhadap kritik

     

    Bila memang kondisi tersebut sangat mengganggu hidup anda termasuk juga mengganggu anda dalam menjalankan hidup sosial anda sehari-hari, ada  baiknya anda berkonsultasi dengan psikiater. Psikiater akan mencari terlebih dahulu kemungkinan adalahnya penyakit fisik yang menyebabkan gejala-gejala tersebut (misalnya terjadinya perubahan kepribadian paska cedera kepala atau penyakit tertentu), penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan gejala tersebut, gangguan psikiatrik lainnya seperti gangguan psikotik, gangguan mood, gangguan cemas, dan lain-lain sebelum mendiagnosis adanya gangguan kepribadian  pada diri anda.

    Bila memang anda mengalami suatu gangguan kepribadian, maka terapi yang akan diberikan adalah berupa psikoterapi kognitif perilaku, psikoterapi suportif, psikoterapi psikodinamik, serta obat-obatan seperti anticemas dan antidepresi.

    Sementara itu beberapa hal yang dapat anda coba lakukan antara lain:

    1. Cobalah untuk mengurangi stress yang anda alami, ambil lah waktu untuk beristirahat, berlibur, dan bersantai bersama keluarga atau teman-teman anda untuk sementara waktu
    2. Lakukan latihan-latihan yang dapat membuat rileks seperti latihan pernafasan, yoga, meditasi, dan lain-lain
    3. Lakukan aktivitas yang anda sukai, serta jalankan hobi anda di sela-sela waktu luang anda
    4. Yakinkan diri anda bahwa keluarga dan teman-teman anda selalu menerima anda apa adanya
    5. Cobalah memberanikan diri memperluas pergaulan anda
    6. Tidur dan beristirahat yang cukup
    7. Berolahraga secara teratur
    8. Makan secara teratur

     

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca terkait gangguan kepribadian

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia