Tanya Dokter

  • Keluar flek coklat setelah hubungan intim

  •  Turja
    Anggota
    Salam dok, saya ingin bertanya bila sperma sudah di dalam vagina selama 3 hari lalu vagina mangeluarkan darah coklat pada hari ke-4 setelah penetrasi apakah itu ciri hamil dok?

    Hai Turja,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sel sperma yang telah masuk ke dalam vagina bisa bertahan hidup hingga 1-3 hari selama cairan mani belum mengering. Pada rentang waktu ini, sel sperma yang motil akan bergerak masuk ke dalam rahim. Apabila masuknya sel sperma ini berbarengan dengan ovulasi (pecahnya sel telur yang telah matang), maka bisa terjadi pembuahan dan pada akhirnya terbentuklah janin.

    Bila seorang wanita sedang hamil, maka ia tidak akan mengeluarkan darah layaknya menstruasi. Karena, hasil pembuahan akan mengakibatkan serangkaian perubahan hormonal yang membuat dinding rahim berproliferasi lebih hebat dan tidak mudah luruh untuk mempersiapkan terjadinya implantasi (tertanamnya hasil pembuahan ke dinding rahim). Namun memang, pada beberapa kondisi, bisa saja terjadi perdarahan minimal akibat proses implantasi ini. Bedanya, perdarahan yang terjadi karena implantasi janin ke dinding rahim volumenya sangat sedikit (1-2 tetes saja) dan durasinya pun sangat singkat (1-2 hari saja), jadi berbeda dengan darah menstruasi.

    Maka dari itu, perlu dibedakan dulu, seperti apa darah yang keluar yang Anda maksud? Sebanyak apa jumlahnya? Dan berapa lama durasinya? Mungkin saja darah tersebut terjadi karena implantasi saat hamil, namun mungkin juga darah itu muncul akibat menstruasi biasa.

    Guna membedakannya, perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih obyektif, seperti testpack atau USG. Bila benar terjadi karena implantasi janin, maka darah tersebut akan muncul disertai hasil testpack positif atau tampaknya kantung kehamilan pada pemeriksaan USG.

    Lebih jelasnya, perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis kandungan ya..

     

    Perdarahan implantasi

    Menstruasi

     

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah