Tanya Dokter

  • Batuk-batuk hingga lebih dari 2 minggu dan flu disertai bercak darah yang keluar dari ingus

  •  Roby Hidayat
    Anggota

    Halo dok, saya penderita TB dan beberapa minggu lalu saya dinyatakan sembuh, tapi selang 3-4 minggu saya terserang penyakit tipes, semenjak saya tipes sy jg batuk2 namun tdk berdarah selama hampir 15 hari dan saya lngsung cepat priksa TB ke dokter yg merawat sy, lalu diberi obat dan batuk saya hilang namun selang beberapa hari muncul flu dan terkadang asa bercak darah di ingus saya, menurut dokter apakah saya terkena TB kembali atau resisten?

    Hai Roby,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Meski sering terjadi akibat TB (tuberkulosis), batuk-batuk lebih dari 2 minggu bisa juga muncul akibat sebab lain, misalnya:

    Flu disertai bercak darah yang keluar dari ingus Anda pun kemungkinan penyebabnya ada banyak. Yang tersering berkaitan dengan proses membuang ingus yang terlalu keras atau iritasi hidung akibat terlalu sering mengorek-ngoreknya. Bisa juga, flu disertai darah di ingus ini muncul akibat sinusitis, polip hidung (tumor jinak), kemasukan benda asing ke hidung, kanker rongga hidung atau tenggorokan, efek samping obat, gangguan pembekuan darah, dan sebagainya.

    Memang, penderita TB yang sudah pernah menjalani pengobatan dan dinyatakan sembuh masih bisa mengalami TB ulang. Dalam ranah medis, kondisi ini disebut dengan TB relaps. Kemungkinan berulang ini lebih tinggi apabila Anda memiliki kontak dekat dengan penderita TB lainnya yang belum mendapat pengobatan, atau baru mendapat pengobatan kurang dari 2 bulan, tinggal di lingkungan padat penduduk, ventilasi dan pencahayaan tempat tinggal kurang baik, atau juga bermasalah dengan daya tahan tubuh (misalnya karena HIV).

    Bila saat ini batuk Anda telah sembuh dengan pemberian obat batuk biasa, kemungkinan keluhan yang Anda alami bukanlah terjadi akibat TB relaps, melainkan lebih mungkin disebabkan oleh alergi atau ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Namun, bila ingin memastikan, Anda sebaiknya memeriksakan diri langsung ke dokter ya.. 

    Untuk meredakan flu, Anda sebaiknya menghindari dulu tubuh Anda dari terpajan alergen, misalnya suhu dingin, tungau debu, serbuk sari, dan sebagainya. Kenakan masker untuk mencegah masuknya partikel berbahaya ke saluran napas. Perbanyak beristirahat, minum air hangat, dan makan juga makanan bersuhu hangat. Banyak mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C. Jangan merokok dan jangan juga terlalu sering membuang ingus dengan kencang, atau mengorek-ngorek hidung berlebihan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah