Tanya Dokter

  • Kulit yang belum mengelupas dan masih menghitam setelah 2 minggu peeling

  •  babybooo
    Anggota

    dok, 2 minggu lalu saya pakai tca peel 20% utk tangan saya. hingga saat ini kulit saya ada yg belum mengelupas&jdnya mengering gamau kekelupas dan kulit saya warnanya jd belang. beberapa juga ada yg sampai kering sehingga kulit saya kayak kering putih2. trs ada juga yang meninggalkan bekas hitam2 karena waktu itu kulit saya sempat melepuh mungkin karena kebanyakan. apa yang harus sy lakukan ya dok? makasih

    Halo, Terima kasih atas pertanyaannya. 

    Peeling adalah salah satu tindakan yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit yang mati. Pada umumnya tindakan peeling ini dilakukan pada area wajah. Selain mengelupaskan sel kulit, peeling juga dapat merangsang pertumbuhan sel yang baru. Cairan yang digunakan untuk peeling bermacam-macam mulai dari TCA, glycolic acid, salicylic acid, lactic acid, dan lainnya. Peeling yang menggunakan cairan asam dengan konsentrasi rendah dapat dilakukan sendiri di rumah, tetapi peeling yang menggunakan cairan asam dengan konsentrasi tinggi seperti yang Anda gunakan harus dilakukan oleh dokter. Penggunaan cairan ini dapat menimbulkan kulit kemerahan atau menghitam, kulit terasa perih, dan kulit yang mengelupas. Peeling dengan TCA biasanya proses pengelupasan kulit akan berlangsung dalam 7-10 hari. Penggunaan peeling yang tidak tepat pun dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap (atau dikenal dengan hiperpigmentasi pasca peradangan/ post inflammation hyperpigmentation)

    Jika dua minggu ini ada bagian kulit yang belum mengelupas dan masih menghitam, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan selanjutnya. Dokter perlu memeriksa kondisi kulit Anda sebelum menentukan penanganan selanjutnya. Di kemudian hari, hindari penggunaan cairan peeling tanpa anjuran dari dokter.

    Silakan Anda baca juga: Peeling wajah

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia