Tanya Dokter

  • cara mengatasi anak usia 9 tahun yang mengalami gejala seperti ADHD

  • Hai dok,,, kenalkan saya ita. Saya mempunyai seorang anak laki-laki usia 9th. Setahun terakhir ini saya menjalankan homeschooling dengan anak saya dikarenakan semasa sekolah nya dahulu anak saya terlihat kurang fokus, tidak bisa diam/tenang di kelas, tugas menulis pun tdk pernah selesai. Di rumah pun saat membersamainya ada sikap/perilakuny yg mengarah ke ADHD. Saya pun mengajak anak saya ke klinik psikologi dan melalui wawancara didiagnosa ADD dan diminta utk terapi gerak. Merasa kurang puas saya ke klinik tumbuh kembang dan didiagnosa dokter anak masalah psikososial dan diminta utk theraplay. Apa saya harus cari opsi ketiga?? Sebenarnya bagaimana langkah seseorang bisa didiagnosa ADHD?? Terima kasih dok

    Hai Ita, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) adalah salah satu kondisi mental yang ditandai dengan sulit fokus dan hiperaktif - atau terlalu banyak bergerak yang mana tidak dapat dikontrol sehingga mengganggu fungsi dan perkembangan.

    Ada berbagai macam tipe dari ADHD, dan sebenarnya, ADD (attention deficit disorder) adalah salah satu jenis ADHD. Sehingga ketika Anda yakin bahwa anak Anda mengalami ADHD dan psikolog Anda menyatakan bahwa anak Anda ADD, pada satu titik sebenarnya itu adalah dua hal yang sama. Diantara tipe-tipe dari ADHD adalah:

    • Tipe Inatentif. Tipe inilah yang disebut juga dengan ADD. Pada tipe ini, seseorang jelas memiliki gejala mudah terdistraksi dan sulit fokus, namun gejala hiperaktifnya tidak terlalu timbul.
    • Tipe Hiperaktif/Kompulsif. Tipe ini bila seseorang lebih menonjol sekali pada hiperaktifitasnya atau pergerakannya, ketimbang sulit fokusnya. Tapi kedua gejala itu ada.
    • Tipe kombinasi. Tipe ini adalah apabila keduanya sama kuat.

     

    Maka saran kami, bila Anda masih betul-betul kurang yakin terhadap penjelasan psikolog dan dokter Anda, dan merasa bahwa Anda membutuhkan pemeriksaan yang lebih akurat, maka sah-sah saja bila Anda ingin mencari opsi ketiga. Dan diantara profesi yang Anda sebutkan, sebenarnya profesional yang paling tepat dalam mendiagnosis ADHD adalah Psikiater Anak. Psikiater Anak adalah subspesialis dari psikiater dan sangat berkompeten dalam mendiagnosis kelainan-kelainan pada perilaku anak dan berhak memberikan terapi yang lebih intensif bila diperlukan.

    Namun tentu saja, bila dengan mengetahui bahwa ADD dan ADHD adalah sebuah kondisi yang sama Anda sudah merasa lebih lega, Anda tidak perlu untuk mencari opsi ketiga dan cukup mengikuti saran dari dokter maupun psikolog yang merawat anak Anda. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa