Tanya Dokter

  • Cara mengatasu telapak kaki yang datar

  •  Andri
    Anggota

    Halo dok, perkenalkan saya andri 21th.

    Saya ingin konsultasi dan meminta sarannya untuk penanganan masalah tulang kaki.
    5 tahun lalu saya mengalami kecelakaan yg menyebabkan tulang metatarsal jari tengah kaki sebelah kanan patah.

    pada waktu itu di operasi dan pasangi gips. setelah sembuh dan bisa jalan kembali telapak kaki saya jadi flat saat dipijak. klo jalan berasa turun dikit dan angkle tidak bisa ditekuk maksimal seperti kaki kiri, cuma bisa ditekuk setengah saja.

    problem yg saya alamai ini berpengaruh terhadap postur tubuh sekarang. saya ingin kaki saya bisa ditekuk normal kembali dan telapaknya juga normal kembali (kalo dipijik ada lengkungan)

    bagaimana ya dok solusi untuk permasalahan kaki saya tersebut. Jika saya ingin sembuh apa saja pengobatannya, adakah pengobatan alternatif selain medis untuk pengobatannya?

    FYI: Saya juga tidak bisa berlari karna sakit dan nyeri dan kondisi finansial terbatas.

    Terima kasih.

     

    Halo Andri, 

    Penyembuhan patah tulang memakan waktu 3-6 bulan tergantung dari berbagai faktor, diantaranya adalah keparahan cedera, lokasi tulang yang patah, jenis patah tulang, penanganannya, perawatannya, hingga kemampuan tubuh untuk beregenerasi. Tindakan Anda berobat ke dokter spesialis orthopedi sudah tepat. Meski begitu, memang ada resiko gangguan fungsi setelah penyembuhan patah tulang terjadi. 

    Flatfeet atau telapak kaki yang datar sebenarnya bisa karena bawaan (variasi bentuk kaki yang normal) atau bisa karena didapat. Faktor resiko telapak kaki yang datar diantaranya adalah obesitas, cedera sebelumnya (seperti pada kasus Anda), arthritis rematik, penuaan dan diabetes. 

    Flatfeet pada umumnya tidak bisa diobati/tidak bisa kembali seperti semula dan jika tidak nyeri atau menimbulkan keluhan lain, tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika nyeri, dokter orthopedi mungkin akan menyarankan menggunakan arch support, latihan/fisioterapi, dan supportive shoes. 

    Mengingat saat ini Anda mengalami keterbatasan gerak, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke spesialis orthopedi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan. Dokter mungkin akan membutuhkan rontgen atau pemeriksaan lain untuk membantu diagnosis, setelah itu menyarankan penanganan yang paling sesuai untuk Anda. 

    Diskusi serupa: Flatfeet

    Salam, 

    dr. Mega