Tanya Dokter

  • Belum kunjung haid tetapi sudah merasakan tanda akan haid

  •  watiah
    Anggota

    selamat malam dok, saya ingin bertanya dok,25 juni saya nikah 6 juli hubungan intim,bulan juni hari terakhir haid tnggl 9,biasanya siklus haid 28 hari tnggl 8 shrusnya haid tpi sampai skrng saya belum haid,apa itu kemungkinan hamil? yang saya rasain nyeri seperti akan haid tetapi tidak haid,nyerinya udah berangsur beberpa hari belakangan..

    watiah  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Siklus haid pada tiap wanita berbeda beda. Siklus haid normal pada umumnya berkisar antara 21-35 hari. 

    Dari keadaan yang anda alami, jika haid anda sebelumnya teratur dan hingga saat ini anda belum kunjung mendapat haid maka mungkin saja hal tersebut disebabkan karena kehamilan. kehamilan terjadi jika sel sperma berhasil membuahi sel telur yang sudah matang pada rahim. Kehamilan dapat menyebabkan gejala awal seperti terlambat haid. Selain itu, gejala awal kehamilan juga dapat menyebabkan gejala seperti rasa keram pada perut, mual, perubahan mood, dan dapat disertai dengan flek kecoklatan.

    Untuk menentukan apakah benar terjadi kehamilan, maka langkah awal yang dapat anda lakukan ialah melakukan test pack dengan urine pagi hari. Jika hasil negatif maka anda dapat melakukan test ulang kembali dalam 2-3 hari.

    Namun selain itu, haid yang tidak teratur seperti yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • stres berlebihan
    • ketidak seimbangan kadar hormon
    • efek dari KB
    • kista ovarium

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan yang anda alami maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis kandungan, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Dengan demikian dokter dapat memberikan terapi yang tepat untuk anda.

    disarankan agar anda tidak merokok, dan hindari stres berlebihan. Konsumsi makanan bergizi dan juga sayuran. Penting untuk istirahat cukup.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Tanda awal hamil

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny