Tanya Dokter

  • telinga mengeluarkan cairan putih kental dan darah

  • Halo dok, telinga sy dr bulan januari pernah kemasukan air waktu berenang dan smpe sekarang msh seperti ada air.y dan terkadang sakit dan pendengaran pun kecil sebelah dan pernah keluar darah dan cairan putih kental itu gimana yaa dok mksih..

    Halo, Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan. Timbulnya cairan yang keluar dari lubang telinga, merupakan pertanda adanya peradangan pada telinga. Peradangan tersebut bisa terjadi pada liang lubang telinga ataupun pada telinga tengah. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikannya. Beberapa kemungkinan kondisi penyebabnya, antara lain :

    • otitis eksterna atau peradangan pada telinga bagian luar
    • otitis media atau peradangan telinga bagian tengah, baik secara akut (baru terjadi) maupun kronis (terjadi sudah cukup lama)
    • peradangan telinga yang disertai gendang telinga berlubang
    • dsb.
    Jika gejala yang Anda alami tersebut sudah cukup lama, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan lebih lanjut ke dokter spesialis THT. Pemeriksaan secara langsung diperlukan oleh dokter agar dapat mengevaluasi kondisi telinga yang Anda alami, sehingga dokter dapat menentukan jenis pengobatan yang sesuai. Sangat dianjurkan untuk tidak terbiasa mengorek-ngorek lubang telinga. Pastikan agar lubang telinga tidak kemasukan air, serta jalani pengobatan yang telah diberikan dokter dengan baik. Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.