Tanya Dokter

  • Telinga berwarna merah dan kulit telinga teraba kasar

  • Assalammualaikum dok, telinga saya merah, sedikit kasar kulitnya, tapi tidak sakit. Awalnya saya biarkan, tapi makin kesini hal itu menjadi sangat mengganggu. Itu kenapa ya dok? Penjelasannya seperti apa?

    Hai Yudha,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kulit telinga yang memerah dan terasa kasar bisa jadi menandakan kulit yang sedang beregenerasi secara normal. Kulit telinga, sebagaimana kulit pada bagian tubuh lainnya, memang akan beregenerasi secara teratur setiap 28 hari sekali. Kerap kali, apabila kulit yang sedang beregenerasi ini terkelupas, baik secara sengaja, atau pun tidak, maka bisa muncul warna kemerahan yang akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

    Di samping hal yang normal, bisa juga kulit telinga yang kemerahan dan juga kasar disebabkan oleh suatu kondisi medis tertentu, misalnya:

    • Dermatitis seboroik (peradangan kulit yang menyebabkan kulit menebal, bersisik, layaknya ketombe)
    • Psoriasis (peradangan kulit kronis yang diakibatkan oleh kelainan autoimun, yang ditandai dengan kulit yang menebal, mengelupas, dan muncul luka)
    • Infeksi, contohnya jamur atau bakteri
    • Dermatitis kontak (peradangan kulit karena kontak dengan substansi pemicu alergi atau iritasi)
    • Xerosis (kulit kering), dan sebagainya

    Apabila keluhan kulit tersebut terasa sangat mengganggu Anda, Anda bisa memeriksakannya langsung ke dokter kulit agar diidentifikasi diagnosis yang menyebabkannya. Bila kondisi Anda tergolong abnormal, dokter umumnya akan memberikan dulu beberapa terapi topikal (obat oles) untuk meredakannya. Namun, bila keluhan tidak membaik, maka penanganan lebih lanjut akan ditentukan berdasarkan kecurigaan penyakitnya.

    Saat ini, janganlah mengelupasi paksa kulit telinga yang kasar tersebut. Apabila kulit terasa sangat kering, Anda bisa oleskan pelembab (moisturizer) untuk meningkatkan kelembabannya. Mandilah dengan rajin, pilih sabun yang mengandung pelembab dan juga antiseptik. Hindari menggosok berlebihan kulit yang kering dan memerah supaya tidak timbul iritasi. Hindari juga mengoleskan apapun pada kulit telinga yang bermasalah kecuali atas saran dari dokter.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah