Tanya Dokter

  • Suhu tubuh meningkat, tenggorokan kering dan mulut pahit serta batuk berdahak

  •  Chunul
    Anggota

    Hallo dok 3 hari ini suhu badan saya meningkat drastis ketika malam hari, tenggorokan terasa kering. Pusing, Mulut pahit disertai batuk berdahak. Dan kalo pagi suhu badan normal tp masih terasa pusing, juga keluar biduan, atau semacam gatal2 dengan jumlah yg bnyak disekitar kaki. Kira2 apa penyakitnya ya dok? Terimakasih

    Hallo Chunul

    Kenaikan suhu badan atau demam bisa dipengaruhi oleh banyka faktor, dimana adanya keluhan tenggorokan terasa kering, adanya keluhan sakit kepala, pusing, mulut pahit, dan batuk berdahayak, serta adanya biduran pada kulit terutama pada area kaki bisa jadi disebabakan oleh beberapa kemungkinan berikut ini


    Beberapa kondisi diatas memang tidak disertai adanya gatal, namun bisa saja bahwa gatal-gatal tersebut muncul karena terjadinya reaksi alergi disaat yang bersamaan Anda sedang terkena sakit demam tersebut. Atau bisa juga karena tubuh sedang sakit maka akhirnya lebih mudah terkena penyakit kulit lainnya yang menyebabkan timbulnya gatal-gatal tersebut.

    Dokter perlu memastikan terlebih dahulu keadaan apakah yang sebenarnya dialami oleh Chunul, maka itu Chunul diharapkan untuk mengunjungi dokter terdekat agar bisa dilakukan evaluasi medis terhadap diri Anda. Informasi yang didapatkan nanti akan berperan sangat besar dalam menentukan pengobatan apakah yang paling tepat dan sesuai atas keluhan yang Chunul alami.

    Sebagai penanganan pertama dirumah, Chunul bisa menggunakan kompres air hangat pada area kening dan pada lipatan ketiak dan paha untuk membantu mengurangi demam. Kemudian gunakan bedak salicyl atau bedak kocok untuk membantu mengurangi rasa gatal. Usahakan untuk tidak menggaruk-garuk bagian yang gatal yaa. Jika perlu Chunul bisa saja mengkonsumsi obat paracetamol untuk membantu menurunkan demam yang dirasakan. Namun apabila sudah lebih dari 3 hari keluhan tidak kunjung membaik bahkan timbul gejala muntah, sulit makan, diare, sakit kepala yang sangat hebat, hingga lemas maka sebaiknya Chunul segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat agar kondisinya tidak semakin bertambah berat.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold