Tanya Dokter

  • Konsumsi beberapa jenis minuman untuk mengobati darah tinggi dan asam urat

  • Selamat siang dok saya wanita usia 28thn.sya sedang dalam masa pengobatan obat yg saya konsumsi dengan petunjuk dokter pagi: 1tablet concor 2,5mg.1tablet alopurinol 100mg. 1tablet amlodipin 10mg. Malam:2tablet candesartan 8mg.1kapsul gemfibrozil.300mg. Selain mengkonsumsi obat tersebut bangun tidur sebelum sarapan saya mengkonsumsi 3butir bawang putih saya cincang lalu sya telan. Dengan minum air hangat. Selang setengah jam saya sarapan. Lalu minum obat selang beberap jam saya minum jus tomat.selang beberapa jam saya minum jus nanas +lobak. Lalu siang hari saya minum jus seledri+mentimun sya saring airnya saya minum.sore hari saya mkn. Malam hari sya minum obat.. Lalu sebelum tidur saya minum air rebusan daun salam. Pertanyaan saya menurut dokter apakah tidak apa apa dalam arti aman aman sajah. sya mengkonsumsi semua jenis jus ituh setiap hari dok.. Terimakasih bila berkenan menjawab

    Dok pertanyaan saya ko gak djawab yah.. Mohon bantuan nya dok. Tolong jawab pertanyaan saya. Terimakasih.

    Meni Mamane Arya  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Concor adalah suatu obat dengan kandungan bisoprolol yang mempunyai fungsi untuk menghambat sistem saraf simpatis. Concor biasa digunakan pada beberapa keadaan seperti penyakit jantung. allopurinol merupakan suatu obat yang dapat menurunkan kadar asam urat. amlodipin adalah obat golongan calcium channel bloker yang dapat menurunkan tekanan darah. Candesartan juga dapat digunakan untuk keadaan tekanan darah tinggi, dan gemfibrozil dapat menurunkan kadar trigliserida.

    JIka anda mengkonsumsi obat tersebut, maka anda dapat saja sebenarnya mengkonsumsi berbagai jus yang anda konsumsi saat ini. Namun berikan jarak 1-2 jam antara konsumsi obat dokter dengan jus yang anda konsumsi. namun mengkonsumsi jus dan ramuan daun tersebut belum terbukti khasiatnya secara pasti karena belum ada penelitian medis. 

    Namun disarankan agar anda tidak terlalu sering konsumsi jus dari bahan nanas dan lobak karena dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung. jika anda merasa nyeri pada perut, maka sebaiknya hentikan konsumsi jus tersebut dan periksakan diri ke dokter secara langsung. 

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai manfaat bawang putih

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr danny