Tanya Dokter

  • Tentang ciri-ciri halusinasi pada penderita skizofrenia

  •  R N Fahmi
    Anggota

    Mau tanya dok, sebelum nya saya sudah sedikit membaca perihal apa itu skizo mengapa, diagnosis nya dan lain sebagainya. Nah disana tertulis bahwa penderita skizofern diagnosa nya adalah halusinasi , delusi, dan lain sebagainya. Tapi apabila gejala tersebut hanya terjadi ketika beberapa saat saja dan dalam waktu sekitar seminggu an, apakah bisa di bilang skizofern?

    Halo Fahmi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Skizofrenia merupakan suatu gangguan mental dimana seseorang mengalami gangguan dalam berpikir, merasa, dan bersikap hingga orang tersebut tidak dapat mengenali realita secara normal. Untuk mendiagnosis skizofrenia diperlukan beberapa kriteria diagnosis, diantaranya adalah:

    • Mengalami 2 atau lebih gejala-gejala berikut ini dalam kurun waktu setidaknya 1 bulan, satu diantaranya harus antara nomor 1-3:
    1. delusi (memiliki keyakinan yang salah terhadap suatu hal yang tidak bisa dipatahkan)
    2. halusinasi (gangguan persepsi sensori yang salah)
    3. bicara yang tidak terorganisir
    4. perilaku yang tidak terorganisir ataupun katatonik (diam tidak bergerak sama sekali)
    5. gejala negatif (tidak berenergi, wajah datar, bicara berkurang dan bernada datar, dll)
    • Terdapat gangguan fungsi yang signifikan (tidak bisa bekerja, tidak bisa merawat diri, tidak bisa berhubungan sosial dengan normal)
    • Beberapa dari gejala-gejala tersebut bertahan setidaknya 6 bulan
    • Gejala tidak disebabkan oleh gangguan skizoafektif ataupun gangguan mood dengan psikotik
    • Gejala tidak disebabkan oleh penyakit fisik ataupun penggunaan obat-obatan tertentu

     

    Bila tidak memenuhi kriteria tersebut, seseorang tidak bisa didiagnosis dengan skizofrenia. Penyebab terjadinya halusinasi dan delusi bisa bermacam-macam. Untuk dapat mendiagnosis, perlu disingkirkan dulu kemungkinan adanya penyakit fisik tertentu (misalnya cedera kepala, stroke, tumor otak, dll) yang dapat menyebabkan gejala serupa, serta penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan munculnya halusinasi dan delusi.

    Bila gejala seperti halusinasi dan delusi tersebut disertai dengan gangguan mood, misalnya terjadi saat seseorang sedang dalam periode depresi berat atau mania berat, maka orang tersebut juga tidak bisa dikatakan menderita skizofrenia. Bila tidak ditemukan adanya gangguan mood yang disertai dengan halusinasi dan delusi, dan halusinasi serta delusi tersebut hanya terjadi pada periode yang singkat saja (di bawah 1 bulan), maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami gangguan psikotik akut.

    Untuk diagnosis lebih jelas, anda dapat berkonsultasi langung dengan psikiater bila anda mengalami gangguan-gangguan seperti halusinasi dan delusi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia