Tanya Dokter

  • Solusi penanganan thalassemia pada anak usia 2 tahun

  •  Ana fajriana
    Anggota

    Assalamualaikum dokter.. keponakan saya berusia 2th,dia divonis positif talasemia,apa yg harus kami lakukan dok ? untuk makanan,sebaiknya apa yg harus dan yg tidak dikosumsi ? mohon info dan saran dari dokter. terimakasih

    Ana fajriana  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ana,

    Thalassemia atau penyakit kelainan darah disebabkan oleh adanya mutasi dalam DNA yang memproduksi hemoglobin dimana penyebab pastinya sendiri tidak diketahui tetapi berkaitan dengan faktor genetika atau faktor keturunan. Thalassemia sendiri ada beberapa tipe seperti thalassemia alfa dan thalassemia beta masing-masing bisa menimbulkan gejala minor yang ringan ataupun berat tergantung dari jenis mutasi gennya masing-masing.

    Gejala yang timbul sendiri tergantung dari jenis dan keparahan thalassemia dimana gejala umum adalah seperti urine yang keruh, wajah pucat, kelainan bentuk wajah, mata dan kulit menjadi kekuningan, gangguan pertumbuhan, perut membengkak dan anemia. Untuk mendiagnosanya sendiri dilakukan tes darah dan juga menganalisis DNA untuk menentukan tipe thalassemia yang diderita.

    Perawatan untuk penderita thalasemia sendiri tergantung dari tipe dan tingkat keparahan dimana jika pada penderita thalassemia minor tidak memerlukan perawatan khusus dan juga gejala yang timbul ringan tetapi dapat memerlukan transfusi darah untuk mengatasi komplikasi thalassemia.

    Pada penderita thalassemia beta mayor seringkali memerlukan transfusi darah rutin untuk mendapatkan kebutuhan hemoglobin tubuh dan juga perawatan untuk mengatasi zat besi berlebih. Penanganan ini sifatnya terus menerus tetapi untuk menyembuhkan thalassemia diperlukan transplantai sumsum tulang dimana sumsum tulang yang sehat digunakan untuk menggantikan sumsum tulang yang terkena thalassemia untuk memproduksi sel darah yang sehat, tetapi prosedur ini tidak selalu cocok pada tiap penderita untuk itu diperlukan pendonor yang benar-benar tepat dan cocok karena prosedur ini memiliki risiko yang cukup serius.

    Untuk itu konsultasikan kondisi keponakan Anda pada dokter terutama ahli hematologi onkologi untuk mengetahui kondisi secara pasti dan prosedur penaganan yang akan dilakukan lebih lanjut. Untuk makanan sendiri perlu untuk membatasi atau menghindari makanan dengan kandungan zat besi tinggi, makanan berprotein dengan kandungan zat besi tinggi, dan makanan yang terbuat dari tepung.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.