Tanya Dokter

  • dampak jika anak tidak mendapatkan vaksin MMR

  • Assalamu'alaikum .. Maaf mengganggu sebentar dok, kalau seandainya anak² tidak di suntik Vaksin maupun Rubella bagaimana? Apakah akan terjadi sesuatu? Mohon jawabannya Terima kasih Wassalamu'alakum

    Khumairoh Al Jauhar  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Khumairoh,

    Vaksin atau imunisasi merupakan suatu tindakan pencegahan penyakit. Dengan melakukan vaksin, maka tubuh akan terlindung dari penyakit dan jikapun terkena penyakit tersebut, maka gejalanya akan jauh lebih ringan dibandingkan yang tidak divaksin.

    Vaksin MMR merupakan vaksin untuk mencegah penyakit gondongan, campak, dan rubella. Vaksin MMR diberikan 2x pada usia 15 bulan dan 5 tahun. Vaksin ini mengandung virus yang dilemahkan. Dengan memasuykkan virus yang dilemahkan ke dalam tubuh maka tubuh akan menghasilkan antibodi untuk melawan virus, sehingga jika di kemudian hari tubuh sudah bisa melawan penyakit tersebut. Vaksin MMR bisa melindungi tubuh dari campak, rubella, dan gondongan selama 20 tahun.

    Apabila anak tidak mendapatkan vaksin MMR, tentu anak tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit campak, rubella, dan gondongan. Hal ini akan membuat anak mudah tertular dengan gejala yang terjadi juga lebih berat. Semakin banyak anak yang tidak divaksin akan membuat potensi penyebaran penyakit semakin meningkat. Oleh sebab itu sangat dianjurkan agar anak mendapatkan vaksin MMR dan juga imunisasi lainnya. Orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin pun sebaiknya juga divaksin ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Vaksin MMR

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y