Tanya Dokter

  • Benjolan di bawah payudara laki-laki dan terasa nyeri

  •  annastryw
    Anggota
    Mau bertanya dok, apa penyebabnya bisa timbul benjolan yang letaknya di bawah payudara sebelah kanan dan jika disentuh terasa nyeri. Apa obat yang dapat disarankan?

    Hai terima kasih atas pertanyaannya..

    Benjolan yang terletak di bawah payudara dan menimbulkan rasa nyeri dapat diakibatkan masalah pada payudara dan kulit sekitar payudara seperti:

    Masalah payudara, benjolan dalam payudara sering membuat orang khawatir bahwa dirinya mengalami kanker atau keganasan. Padahal benjolan pada payudara sebagian besar adalah kasus non-kanker yang tidak berbahaya.

    • Mastitis/ peradangan pada payudara. Pada keadaan ini payudara menjadi bengkak, kemerahan, terasa panas dan nyeri. Kondisi ini sering terjadi pada ibu yang menyusui.
    • Fibroadenoma adalah tumor jinak payudara yang muncul akibat pertumbuhan kelnjar payudara berlebihan.
    • Kanker payudara, kondisi ini menyebabkan benjolan membesar dalam waktu tertentu, terjadi perubahan bentuk payudara dan kontur payudara, payudara terlihat mengkerut seperti jeruk perut, payudara mengeluarkan cairan bening atau darah, terasa nyeri, dan benjolan tidak dapat digerakkan.

    Non payudara, apabila benjolan terletak jauh di luar area payudara, benjolan dapat disebabkan oleh kondisi berikut ini:

    • Folikulitis, merupakan infeksi pada kelenjar rambut. Gejalanya berupa benjolan kecil seperti jerawat dengan nanah di tengahnya. Kulit menjadi gatal dan nyeri.
    • Kista ateroma adalah benjolan yang muncul akibat sumbatan pada muara kelenjar keringat. Sering ditemukan di daerah muka, kepala dan punggung. Benjolan berdinding tipis, benjolan dapat digerakkan, dapat menyebabkan nyeri jika terjadi peradangan.
    • Abses, adalah penumpukan nanah pada area tubuh tertentu. Keadaan ini disebabkan karena infeksi bakteri. Umumnya terjadi ketiak, sekitar anus, gigi, dan vagina. Benjolan terasa nyeri dan panas saat dipegang.

    Untuk mengobati nyeri yang timbul Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti partacetamol. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter apabila benjolan tidak kunjung menghilang dan semakin nyeri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti tes darah, biopsi dan mamogram. Semoga informasi ini bermanfaat

    Salam

    dr. Tri Uji Rahayu