Tanya Dokter

  • Gejala terinfeksi gonore

  •  Son Toloyo
    Anggota
    Mau tanya dok, saya 2 Thun lalu pernah berhubungan sex dengan org lain yg status seksualnya tidak saya ketahui. Lalu setelah itu penis saya keluar nanah dok. Tapi saya obati melalui antibiotik yg saya beli di apotik sudah tidak ada lagi. Lalu Sekarang keluar semacam sperma putih kental setelah bak. Saya periksa kan dengan Laboratorium terdapat "diplococcus gram negatif extracelluler". Dan saya diberi antibiotik lagi berupa simfix 200 Mg 1x 2capsul dan siclidon 100 mg 2x1 durasi 1 Minggu dok. Lalu saya konsultasi kan lagi ke dokter spesialis kulit dan kelamin dan dia katakan diplococcus gram negatif extracelluler itu tidak apa". Cuma tanda kamu pernah terkena go. Sementara saya search di internet bakteri tersebut adalah morfologi dari bakteri go yg sudah kronis. Mohon pencerahannya dok. Saya jujur masih bingung mau mengikuti jawaban yg mana. Soalnya saya mau membawa pasangan saya yg sekarang ini dok berobat? Terima kasih dok

    Terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter. 

    Infeksi GO atau disebut juga kencing nanah, adalah infeksi saluran kemih oleh bakteri Neisseria gonorrhea. Infeksi ini termasuk infeksi menular seksual, yaitu ditularkan melalui hubungan seksual.

    Infeksi GO sering disertai dengan infeksi bakteri Chlamydia trachomatis dengan keluhan mirip GO, namun sebagian besar kasus tidak bergejala.

     

    Infeksi GO lebih banyak bergejala pada laki-laki daripada perempuan. Gejala berupa buang air kecil terasa perih, panas, dan keluar nanah. Sedangkan infeksi GO pada perempuan cenderung tidak bergejala, namun tetap dapat menularkan penyakit.

     

    Infeksi chlamydia dapat bergejala pada laki-laki maupun perempuan. Namun sebagian besar kasus (70-80%) tidak bergejala. Apabila bergejala mirip dengan GO.

     

    Merek obat yang anda sebutkan mengandung cefixime dan doksisiklin. Cefixime adalah antibiotik yang salah satu fungsinya untuk mengobati GO, sedangkan doksisiklin salah satu fungsinya adalah untuk mengobati chlamydia.

    Hasil pemeriksaan laboratorium anda mengarah ke gambaran infeksi GO. Anda dapat bertanya langsung kepada dokter yang mengusulkan pemeriksaan, atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk lebih jelasnya mengenai hasil tersebut.

    Baik infeksi GO maupun chlamydia diobati selama jangka waktu yang sudah ditetapkan. Pasangan seksual pun perlu diperiksakan dan diobati apabila memang terinfeksi agar tidak terjadi penularan penyakit kembali. 

     

    Selain itu, kami menyarankan anda dan pasangan ikut serta dalam tes HIV yang disebut VCT. Setiap kasus infeksi menular seksual sebaiknya diperiksa status HIV nya. Apabila terbukti positif, semakin dini diketahui maka pengobatannya semakin mudah. Infeksi HIV turut memperberat infeksi menular seksual lainnya.

     

    Kami menyarankan anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin setelah melaksanakan tes VCT. Kemungkinan besar dokter perlu memeriksa langsung untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat.

     

    Artikel berikut dapat anda baca untuk menambah wawasan anda.

     

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.