Tanya Dokter

  • keluar darah setelah berhubungan intim saat hamil muda

  •  Desy Zora
    Anggota

    Dok saya HT tgl 25 mei tgl 24juni pagi-pagi saya tp hasil samar mlmnya buat berhubungan tgl 26 juni pendarahan seperti darah haid mlm nya usg kata dok hamil 3 minggu dirujuk ke rs saya bedrest 6 hr.tgl 7 juli saya kontrol diusg lagi cuma terdapat kantong belum ada janin paginya aq tp hasil negatif tgl 9 saya usg ke dokter lain hasilnya sama masih telihat kantung.apakah saya hamil dok?

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Ada banyak tanda-tanda kehamilan, yang mana tidak semuanya memiliki tingkatan yang sama. Contohnya, mual-mual, nyeri perut dan telat haid bisa merupakan tanda kehamilan, namun orang yang memiliki tanda ini tetap dinyatakan tidak hamil bila oleh pemeriksaan USG tidak ditemukan tanda kehamilan. Hal ini logis karena gejala mual, nyeri perut, dan telat haid bisa saja ditemukan pada kondisi lain selain kehamilan.

    Sebaliknya, seseorang yang tidak merasa adanya keram perut, perubahan pada payudara, dan mual-mual, bisa saja dikatakan hamil bila kenyataannya setelah pemeriksaan USG memang ditemukan adanya janin pada rahimnya. Secara keseluruhan, tanda pasti hamil adalah segala bukti fisik kehadiran janin yang ditemukan dokter Anda.

    Sehingga pada kasus Anda, yang perlu diketahui adalah bahwa kantung tersebut, bila yang dimaksud adalah kantung kehamilan, tidak akan terbentuk begitu saja bila tidak ada proses pembuahan sel telur oleh sel sperma yang menjadi cikal bakal kehamilan. Tidak mungkin ada kantung kehamilan bila tidak ada kehamilan. Perkara hasil testpack yang negatif, hal ini bisa saja terjadi karena beberapa alat mungkin menunjukkan false negative, atau memberikan hasil negatif meski sebenarnya positif.

    Namun bila yang dimaksud adalah kantung berisi cairan atau kista, tentu saja ceritanya akan berbeda dan wajar bila hasilnya negatif. Sehingga saran kami, sebaiknya Anda lakukan testpack lagi minggu depan, dan bila hasilnya masih negatif, Anda lakukan pemeriksaan kembali pada dokter kandungan untuk mengetahui kantung apa yang dokter Anda maksud, serta bila memang kantung kehamilan, berapa umur kehamilan Anda dan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa