Tanya Dokter

  • Terpeleset saat hamil

  •  Annisa
    Anggota

    Slmat pagi dok. Dok saya mau tanya, tadi saya kena musibah. Saya terpeleset ditanah trus pas jatuh pinggul sebelah kanan saya yang terbentur setelah itu saya tangan saya kena sentrum lampu sebelah.allahdullilah cepat terlepasnya. Saya dalam kondisi hamil 3 bulan dok, apa ada pengaruhnya kejanin saya dok

    Hai Annisa,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Benturan di are pinggul saat hamil bisa merupakan kondisi yang ringan, namun bisa juga berbahaya. Demikian pula dengan tersetrum.

    Apabila benturan yang Anda alami sebelumnya ringan saja, dan tidak ada keluhan berarti yang Anda alami pasca benturan, misalnya hanya berupa nyeri-nyeri ringan saja, kemungkinan kondisi ini tidaklah berbahaya. Namun, apabila benturan yang Anda alami cukup kencang, atau muncul keluhan, seperti perdarahan dari jalan lahir, perut nyeri dan kencang-kencang yang bertahan dalam waktu lama dengan intensitas yang kuat, dan sebagainya, maka bisa jadi hal ini berdampak buruk pada kesehatan janin dalam kandungan Anda. Pada kondisi seperti ini, pemeriksaan dokter secara langsung sangat diperlukan untuk memantau kesehatan ibu dan juga janin.

    Tersetrum, apabila melibatkan tegangan listrik yang kecil dan sementara pun bisa jadi tidak berbahaya. Yang perlu Anda khawatirkan adalah, apabila tegangan listrik yang mengalir di tubuh Anda cukup besar (lebih dari 220 volt). Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. Jantung memiliki fungsi vital untuk memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, serta darah miskin oksigen ke paru-paru. Gangguan pada fungsi jantung bisa mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk juga menghambat perfusi darah ke janin. Tidak hanya itu, tersetrum oleh listri bertegangan tinggi juga bisa memicu munculnya luka bakar, keguguran, gangguan perkembangan janin, kematian ibu dan janin, dan sebagainya.

    Perlu dievaluasi lebih lanjut, bagaimana dengan kondisi Anda saat ini setelah mengalami benturan dan tersetrum tersebut? Adakah keluhan yang Anda rasakan?

    Mengingat sangat terbatasnya informasi yang Anda berikan berkaitan dengan kondisi Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kandungan ya.. Dokter akan melakukan evaluasi secara komprehensif, mulai dari pemeriksaan fisik, USG, dan beberapa tes penunjang lain bila diperlukan untuk memantau kondisi kesehatan Anda dan janin Anda.

    Lain kali, agar kejadian serupa tidak kembali berulang, tingkatkan kewaspadaan Anda, termasuk ketika berjalan, beraktifitas di sekitar listrik, dan sebagainya. Jaga dengan baik kesehatan Anda, dan kontrol juga secara teratur kehamilan Anda ke dokter spesialis kandungan setiap bulannya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah