Tanya Dokter

  • Mengatasi koin tidak sengaja tertelan anak usia 5 tahun

  •  Handoko Chiko
    Anggota

    Dok anak sy brusia 5 thn dg tdk sgaja tertelan coin rp.100... Apakah bs coin tsb kluar mlalui tinja? Apakah coin tsb bs mgganggu pncernaan? Udah 5 hr ini dok kjadian nya tp blum kluar coin nya mlalui tinja.solusinya dok? Mkash

    Halo Handoko, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Koin merupakan salah satu benda asing yang paling sering tertelan oleh anak kecil. Pada sebagian besar kasus, benda asing yang tertelan oleh anak-anak akan keluar sendiri bersama dengan feses. Hal ini terutama berlaku untuk benda berukuran kecil (di bawah 3 cm untuk anak di atas 1 tahun).

    Tatalaksana untuk tertelan benda asing pada anak-anak akan tergantung dari benda yang tertelan (bahan penyusun benda yang tertelan, ukuran benda tersebut, tajam tidaknya benda tersebut) serta lokasi benda tersebut di saluran cerna. 

    Bila benda tersangkut di esofagus (saluran cerna sebelum lambung), biasanya anak akan mengalami gejala-gejala tertentu seperti sesak nafas, batuk, sulit menelan, tidak mau makan, adanya sensasi ganjalan di area tenggorok atau dada, air liur yang keluar terus menerus, air liur berdarah, muntah, nyeri dada, dan lain sebagainya. Bila anak anda menunjukkan adanya gejala-gejala tersebut, anak harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan radiologis dan tindakan pengeluaran benda asing.

    Bila benda tersebut berhasil melewati esofagus anak, biasanya anak tidak akan menunjukkan gejala-gejala tertentu dan benda tersebut akan bisa keluar sendiri tanpa masalah. Meskipun demikian anda tetap direkomendasikan untuk membawa anak anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan radiologis setiap minggu dan pemeriksaan feses setiap hari. Untuk benda yang tumpul dan kecil, bila benda tidak melewati pilorus (bagian bawah lambung) hingga lebih dari 3-4 minggu, maka perlu dilakukan tindakan pengeluaran benda asing. Bila sudah melewati lambung namun tidak juga keluar lewat feses hingga lebih dari 1 minggu, maka diperlukan tindakan pengeluaran benda asing juga. Bila benda asing tersebut sudah melewati esofagus namun dalam proses menunggu pengeluaran spontan anak mengalami gejala-gejala tertentu seperti nyeri perut memberat, perut membuncit, tidak bisa BAB ataupun kentut, terdapat BAB berdarah, muntah hebat, demam, maka diperlukan tindakan pengeluaran benda asing dengan segera.

    Sebaiknya untuk sekarang anda membawa anak anda memeriksakan diri ke dokter anak atau dokter THT terlebih dahulu untuk dilakukan evaluasi awal. Mulai saat ini, sebaiknya anda memberitahukan anak untuk tidak memasukkan benda-benda kecil yang dapat tertelan ke dalam mulutnya, atau bila anak anda belum bisa mengerti, jauhkan benda-benda kecil yang rawan tertelan dari anak anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia