Tanya Dokter

  • Condyloma (HPV) dan Herpes Genital (HSV)

  •  12096
    Anggota

    <div class="alodokter-bbp-content-reply-54747">

    Seminggu yang lalu saya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin mengenai gelembung yang selanjutnya menjadi seperti daging yang jadi menggantung disekitar mulut V saya.

    Dan ketika dilihat secara langsung yg saya derita adalah Condyloma. Namun dokter yg menangani sayapun setelah mendiagnosa saya terkena Condyloma ketika saya melihatkan satu Foto yg saya tunjukk kepada beliau, beliau langsung mendiagnosa bahwa memang itu herpes tetapi sekarang yg beliau liat herpes tersebut sudah tidak ada. Yg benar yg mana sayapun bingung, padahal yg sekarang menjadi daging menggantung itu ya.. yg beliau diagnosa sebelumnya yaitu Condyloma. Dan pada akhirnya kesimpulannya berarti saya hanya terkena salah satu dari kedua virus terserbut ya?

    Karena salah satu dokter (Pr) interaktif di alodokter memberitahu antara HPV dan HSV adalah dua virus yang berbeda yang tidak bisa timbul langsung kedua-duanya.

    Sedangkan dokter yg berkonsultasi langsung dengan saya menyebutkan kedua virus tersebut.

    Bagaimana tanggapan para dokter yg ada disini?

     

    Kemudian kalau untuk metode penyembuhan yg sebelumnya dokter sebut perkiraan biayanya berapa ya?

     

    – Apakah penyebaran condyloma ataupun herpes sangatlah cepat?

    – Berapa kisaran juga biaya untuk vaksinasi masing-masing virus tersebut?

    – Kalaupun pasangan saya yg menularkan kepada saya, apakah saya bisa tertular lagi setelah melakukan penyembuhan berikut vaksinasinya?

    – Dan, apakah ada resiko besar terhadap kehamilan nantinya dengan adanya virus-virus tersebut?

    Tolong dijawab dengan tepat, karena saya ingin segera menanganinya sebelum menjadi Kanker Serviks. Juga agar menghindari beberapa penanganan yg sebenarnya kurang perlu utk dilaksanakan alias agar menambah pemasukan dokter tsb atau lain kata para dokter ahli yang mungkin beberapa iseng dengan para pasiennya.

     

    Saya tunggu kembali balasannya.

    Terima kasih dan Selamat Malam.

    </div>

    Halo,   Anda bisa saja terinfeksi keduanya (herpes dan kondiloma) namun kasus ini sangat jarang terjadi secara bersamaan. Hal ini disebabkan karena jika Anda pernah terinfeksi salah satu jenis infeksi menular seksual maka Anda akan rentan terhadap jenis infeksi menular seksual lainnya. Untuk memastikan infeksi mana yang menyebabkan keluhan Anda maka Anda bisa melakukan pengecekan  mengenai kondisi Anda :

    • Herpes genital =  tes darah untuk mengecek antibodi HSV dan tes PCR
    • Kondiloma = tes asam asetat, kutil akan berubah menjadi putih saat dilakukan pengetesan.
    Penyebaran kondiloma bisa memakan waktu 1-8 bulan sementara herpes berkisar 2-24 hari dari terinfeksi virus sampai menimbulkan gejala kepada Anda. 2) Masalah biaya akan sangat berbeda dari 1 tempat dan tempat lain, Anda lebih baik menanyakan secara langsung mengenai biaya pada tempat Anda melakukan pengobatan. 3) Begitu Anda terinfeksi virus HPV / HSV maka Anda kan memiliki virus tersebut dalam tubuh Anda selamanya dalam keadaan dorman di tubuh dan bisa kembali aktif dan menimbulkan gejala yang sama walaupun Anda tidak melakukan hubungan seks tanpa pengaman.  Virus HPV memiliki banyak jenis strain, dimana strain jenis yang lain bisa saja menginfeksi Anda walaupun Anda telah melakukan vaksinasi. Dan perlu diingat dan diketahui bahwa vaksinasi HPV tidak melindungi Anda dari semua jenis strain virus HPV. Vaksinasi HPV hanya melindungi Anda dari HPV strain 6,11,16 dan 18 yang paling sering dianggap sebagai penyebab tersering kutil kelamin dan kanker serviks. Semoga membantu.   dr. Yusi