Tanya Dokter

  • Perlukah pemberian vaksin anti tetanus setelah 12 jam tertusuk paku ?

  • Selamat pagi dok, saya mau bertanya. Kenapa pemberian serum anti tetanus (ATS) sudah tidak diperlukan lagi jika kejadian tertusuk paku sudah lewat dari 12 jam ? Jika sudah lewat dari 12 jam apakah masih perlu diberi vaksin tetanus supaya tdk terjangkit penyakit tetanus ?

    Hai Isrujito.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh Clstridium tetani, bakteri ini dapat masuk dalam tubuh manusia melalui luka kotor, gigitan hewan, benda berkarat, dan luka bakar. Gejala yang timbul pada penderita tetanus adalah: kejang disertai kekakuan otot terutama daerah rahang dan leher, otot sekitar perut menjadi kaku, dan kejang dapat dipicu oleh suara nyaring atau cahaya. Bila tidak ditangani dengan tepat penyakit ini dapat mengancam nyawa.

    Jika anda tertusuk paku, maka ada resiko terkena tetanus, terutama bila paku berkarat. Jika anda mengalami tertusuk paku maka baiknya segera dilakukan pembasuhan luka dengan air bersih yang mengalir, dan baiknya segera periksakan ke dokter atau IGD terdekat. Sehingga dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung, dan dapat diberikan vaksin tetanus atau serum anti tetanus (ATS). Pemberian ATS ini diberikan terutama bila anda belum pernah vaksinasi atau riwayat vaksin tidak lengkap, luka yang dalam dan kotor, serta melihat waktu terjadinya. Bila kejadian lebih dari 12 jam maka pemberian ATS sudah tidak banyak gunanya sehingga tidak diberikan lagi. Yang dapat anda lakukan adalah menjaga kebersihan luka, kenali tanda dan gejala tetanus dan segera periksakan diri jika muncul gejala, serta konsumsi obat yang diberikan oleh dokter secara teratur jika anda telah memeriksakan diri.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti