Tanya Dokter

  • Tangan terasa sakit pasca terkena paku

  •  Eddiy
    Anggota

    Permisi dokter saya mau tanya, saya kan sekitar kurang lebih 1 bulan yang lalu terkena paku di bagian pergelangan tangan saya lukanya pun lumayan dalam (sobek) terus setelah kurang lebih 8 jam saya bawa ke IGD dan mendapatkan perawatan dan suntik tetanus. Nah yang saya pertanyakan sekarang ko tangan saya yang bekas terkena paku itu kalo di taruh di bawah kepala saat rebahan ko terasa sakit ya dok? Mohon bantuan solusinya dok terimakasih

    Hai Eddiy,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Area pergelangan tangan manusia dihuni oleh berbagai struktur yang penting dalam menunjang pergerakan, mulai dari kulit, tulang, otot, sendi, tendon, pembuluh darah, serabut syaraf, dan berbagai jaringan lain yang menyokongnya. Luka tusuk yang cukup dalam di area pergelangan tangan bisa menyebabkan cidera pada berbagai komponen ini. Tergantung dari kedalaman luka dan penanganan seperti apa yang diberikan, kondisi ini bisa bersifat ringan, namun bisa juga berbahaya.

    Apabila setelah mengalami cidera Anda sudah pernah memeriksakan diri ke rumah sakit dan mendapatkan penanganan hingga suntik anti-tetanus, kemungkinan sudah tidak ada lagi kondisi berbahaya yang patut dikhawatirkan. Sebelum memutuskan penanganan yang tepat, dokter yang memeriksa umumnya akan terlebih dulu melakukan pemeriksaan dengan seksama untuk menilai sejauh mana kerusakan yang ditimbulkan pasca cidera. Tidak hanya dengan pemeriksaan fisik, tes penunjang, seperti rontgen pun umumnya dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya kerusakan jaringan yang lebih dalam. Apabila dokter tidak menganjurkan untuk dilakukan penanganan yang lebih invasif, contohnya dengan pembedahan, maka kemungkinan cidera yang Anda alami tidak mengakibatkan kerusakan jaringan yang masif.

    Nyeri yang Anda rasakan di sekitar bekas luka tusuk di pergelangan Anda bisa merupakan hal yang wajar terjadi akibat peradangan. Nyeri ini juga bisa terjadi sebagai dampak dari cidera pada komponen pergelangan tangan sebagaimana disebutkan di atas. Apabila nyeri yang muncul ringan saja, dan tidak disertai keluhan lain, semisal bengkak, kemerahan, kaku, keterbatasan pergerakan, keluar darah atau nanah dari bekas luka, kemungkinan nyeri ini tidaklah berbahaya. Akan tetapi, tidak ada salahnya Anda memeriksakannya langsung ke dokter supaya bisa dievaluasi lebih lanjut. Bila perlu, mungkin juga dokter akan menyarankan Anda menjalani pemeriksaan rontgen untuk menilai struktur pergelangan tangan Anda secara lebih mendalam.

    Sementara ini, Anda bisa redakan nyeri yang Anda alami dengan mengkonsumsi obat paracetamol sembari mengompres pergelangan tangan yang nyeri dengan air hangat. Kurangi dulu pergerakan yang berlebihan menggunakan pergelangan tangan yang nyeri, termasuk untuk mengangkat beban berat, dan sebagainya. Jaga juga kebersihan area bekas luka Anda supaya terhindar dari risiko infeksi pada bekas luka.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah