Tanya Dokter

  • Melakukan aktivitas fisik yang berat untuk penderita thalasemia

  •  Rivaldo Hardi
    Anggota

    Dok saya ingin bertanya , jadi gini dok saya punya penyakit keturunan yaitu thalasemia intermediet alpha saya memang sudah pernah di cek gen di lembaga eijikman , akan tetapi dok saya belum pernah sama sekali melakukan transfusi darah dan saya tidak pernah mengeluh capek saat saya sedang olahraga sama seperti orang normal saja , saya saat ini sudah lulus sma dok , saya pengen melanjutkan sekolah kedinasan yg semi militer , apakah menurut dokter ( spesiailis penyakit dalam ) saya diizinkan untuk melanjutkan ke skolah semi militer tersebut dok ? Bagaimana pendapat anda dok

    Selamat malam Rivaldo, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Thalassemia intermediet atau thalassemia intermedia merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pasien dengan thalassemia beta yang tingkat keparahan klinisnya berada di tengah-tengah, tidak terlalu ringan, namun juga tidak terlalu berat. Salah satu pertandanya adalah pasien dapat mempertahankan kadar Hb yang cukup memuaskan yakni sekitar 6-7 g/dL saat pemeriksaan, tanpa perlu transfusi darah rutin.

    Mengenai pertanyaan Anda, meskipun selama ini Anda bisa melakukan aktifitas seperti orang normal dan tidak pernah melakukan transfusi darah, karena kondisi keparahan Anda yang berada ditengah-tengah, bisa saja kondisi itu memburuk sewaktu-waktu, dan dikhawatirkannya itu terjadi ketika Anda sedang berada dalam pendidikan semi militer tersebut.

    Namun tentu saja, menurut kami akan jauh lebih baik bila Anda langsung berkonsultasi ke ahlinya, yakni dokter spesialis onkologi atau spesialis penyakit dalam, atau dokter yang selama ini merawat Anda. Karena dengan diperiksa langsung, dokter bisa menilai kemampuan fisik Anda, dan mungkin bisa memberikan pertimbangan lain setelah menilai kesehatan Anda. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa