Tanya Dokter

  • Tidak dapat ejakulasi dan ereksi pasca operasi tumor otak

  •  Sdana
    Anggota

    Malam dok, Saya mau tanya kenapa ya dok setelah menjalani operasi tumor otak, saya tidak pernah mimpi basah atau mengeluarkan sperma lagi? Apakah ada obatnya dok atau treatmentnya?

    Sdana  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Tumor otak merupakan suatu benjolan yang muncul pada daerah otak. benjolan tersebut dapat bersifat ganas atau jinak. Tumor otak dapat menimbulkan berbagai gejala, tergantung dari lokasi tumor berada. 

    Dari keadaan yang anda alami, tidak dapat melakukan ereksi dan mengeluarkan sperma ( ejakulasi) mungkin dapat disebabkan karena dalam penyembuhan paska operasi otak ( jika baru dilakukan dalam waktu dekat). Setelah operasi otak, maka biasanya tubuh memerlukan waktu untuk pulih, termasuk pulih dari pengaruh zat bius/ anestesi. Pada saat masa pemulihan tersebut terkadang dapat terjadi gangguan dari organ tubuh lainnya seperti misalnya rasa lemas, sakit kepala, dan mungkin terjadi gangguan ereksi dan ejakulasi. 

    Tetapi keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena gejala paska operasi tumor otak. seperti yang disebutkan diatas, tumor otak mungkin dapat menyebabkan penekanan pada saraf yang mengatur ereksi dan ejakulasi. jika hal tersebut terjadi, maka mungkin saja terjadi gangguan ereksi. 

    Tidak disarankan mengkonsumsi sembarang obat, karena hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan anda.

    Beberapa keadaan lain yang mungkin menyebabkan keadaan sulit ereksi dan ejakulasi seperti;

    • efek samping obat tertentu yang anda konsumsi 
    • gangguan kadar hormon
    • penyebaran tumor ke sekitar daerah genital

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab pasti dari keadaan yang anda alami maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis onkologi, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. mungkin nanti akan dilakukan pemeriksan tamhahan seperti pemeriksaan darah, usg atau CT scan. dengan demikian nanti dokter dapat memberikan terapi yang tepat untuk anda.

    berikut aritkel yang dapat anda baca mengenai tumor otak

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny